Bakso ikan merupakan salah satu varian bakso yang memiliki cita rasa gurih dan masis. Yuk, kita cari tahu tips membuat bakso ikan yang lezat.

Bakso adalah makan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Bakso sebenarnya berasal dari Tiongkok yang kemudian disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Bakso biasanya terbuat dari daging sapi, ayam, udang, dan ikan.

Kali ini, Endeus.tv ingin berbagi tips membuat bakso ikan yang bertekstur kenyal dan lembut. Bakso ikan ini tentu saja lezat dan pasti bikin ENDEUSiast ketagihan. Tips ini bisa ENDEUSiast praktikkan langsung di rumah. Jadi, ENDEUSiast tidak perlu membeli bakso ikan lagi. Yuk, kita simak.

1/ Memilih Daging Ikan

Bakso ikan memiliki warna yang putih, warna ini berasal dari daging ikan yang berwarna putih. Pilihlah ikan berdaging putih untuk mempertahankan warna bakso yang putih. Pilih juga ikan dengan duri yang tidak menyebar seperti ikan kerapu, kakap, atau tengiri.

Dengan duri yang tidak menyebar, ENDEUSiast bisa mengambil daging ikan dengan mudah. ENDEUSiast juga bisa menambah sedikit saja udang agar aroma bakso ikan menjadi lebih sedap dan meningkatkan rasa manis.

2/ Es Batu Membantu Mengeratkan Adonan

Sebelum ENDEUSiast mengolah adonan, masukkan es batu terlebih dahulu, ya. Es batu akan membantu mengeratkan daging ikan agar mudah dibentuk dan tidak lembek. Es batu yang dimasukkan harus berupa serutan. Alternatif lainnya, ENDEUSiast bisa menggunakan air dingin. Masukkan juga putih telur agar adonan lebih kenyal dan padat.

3/ Tips Memasukkan Tepung

Gunakan tepung tapioka untuk membuat bakso ikan. Tepung tapioka harus dimasukkan secara bertahap agar adonan tidak menggumpal. Sebelum membentuk adonan bakso, cuci tanganmu dengan air dingin agar adonan tidak lengket di tanganmu. Sembari membentuk adonan, remas-remas daging ikan agar semakin lembut.

4/ Rebus Adonan dengan Api Kecil

Masukkan bakso ke dalam air yang mendidih. Pakailah api kecil dalam proses ini. Tunggu hingga bakso mengapung. Jika sudah bakso sudah mengembang dan terapung, segara angkat dan masukkan ke dalam air dingin.

Hal ini berfungsi agar proses pemasakan bakso berhenti. Es juga berfungsi untuk merekatkan adonan bakso yang sudah masak agar tidak pecah.

5/ Cara Menyimpan dan Memasak Bakso Ikan

Tiriskan bakso hingga tidak berair. Bakso ikan sudah bisa dimasak. Namun jika ENDEUSiast ingin menyimpannya, masukkan bakso di dalam wadah yang kedap udara ya. Setelah itu, simpan di dalam freezer. Bakso ikan bisa bertahan hingga dua bulan. Jika ENDEUSiast ingin memasak bakso, ENDEUSiast harus merebus bakso beku terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak ada udara yang mengisi bakso yang telah dibekukan.

Bagaimana? Mudah bukan. ENDEUSiast pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika sudah membuat bakso ikan, ENDEUSiast bisa menggunakannya untuk memasak nasi goreng seafood atau capcay . mencoba resep Bakso Ikan Kuah Laksa . Menu ini dijamin endeus dan bikin ENDEUSiast ketagihan. Kalau ENDEUSiast ingin mencicipi masakan ala Korea, ENDEUSiast bisa membuat Cheesy Tteokbokki menggunakan bakso ikan. Selamat mencoba, ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.