Memasak nasi memang terlihat mudah. Tetapi tetap saja masih ada yang gagal. Diperlukan beberapa tips memasak nasi agar menjadi pulen.

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memberikan energi agar bisa berpikir dan beraktivitas dengan baik. Sebagai orang Indonesia, setiap hari memang wajib untuk memasak nasi. Tetapi, sayangnya tidak semua orang bisa memasak nasi dengan benar. Pasti ada yang terlalu keras atau terlalu lembek sehingga seperti bubur. Memasak nasi kelihatannya mudah namun ternyata juga diperlukan tips agar nasi menjadi pulen. Berikut akan dijelaskan tipsnya.

1/ Mencuci Beras Maksimal 3 Kali

Mungkin selama ini ENDEUSiast berpikir bahwa semakin lama mencuci beras maka akan semakin bersih. Ternyata itu tidaklah benar. Mencuci beras maksimal 3 kali saja sudah cukup. Apalagi bila ENDEUSiast menggunakan beras organik jangan terlalu lama cukup 3 kali saja agar serat pada beras tidak hilang. Untuk mencuci beras biasanya langsung menggunakan panci dari rice cooker. Panci tersebut bersifat anti lengket, jadi untuk menghindari goresan pada bawah panci sebaiknya mencuci beras di wadah lainnya lalu setelah bersih baru dipindahkan ke panci rice cooker.

2/ Takaran Air dan Beras Harus Tepat

Pernah memasak beras lalu hasilnya menjadi lembek? Itu bisa jadi karena ENDEUSiast terlalu banyak menambahkan air atau mungkin sebaliknya, nasi menjadi keras karena kurang air. Untuk bisa mendapatkan nasi yang pulen harus bisa mempertimbangkan takaran tepat untuk air dan beras. Disarankan untuk menggunakan rasio 1:2 yang artinya satu gelas beras diisi dengan 2 gelas air. Gelas yang digunakan untuk takaran pastikan ukurannya sama ya agar seimbang. Khusus untuk beras pera, ENDEUSiast bisa menambahkan lebih banyak air ketika memasak.

3/ Masak selama 30 Menit

Bagi yang masak beras di rice cooker pastinya lebih praktis karena ketika nasi sudah matang maka sudah ada tanda di rice cooker dari tombol “cook” menjadi “warm”. Setelah matang, ENDEUSiast bisa mengaduknya agar matangnya merata. Menghasilkan beras yang pulen ternyata ditentukan oleh kualitas pada rice cooker yang ENDEUSiast punya. Kalau kualitas rice cookernya bagus maka hasil nasinya pun lebih enak dan pulen.

Intinya, mau memasak beras menggunakan panci maupun rice cooker sama saja. Hal terpenting adalah ketika sudah matang, ENDEUSiast harus mengaduk sampai merata dan biarkan uap air keluar dari panci atau rice cooker. Hal ini untuk menghindari nasi cepat basi karena adanya uap yang menyerap di beras. Sebaiknya pula masak nasi secukupnya agar tidak terbuang sia-sia. Tips ini berlaku juga untuk memasak jenis olahan nasi apapun seperti nasi uduk rice cooker . Semoga tips kali ini bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.