Tips Memanggang Daging Anti Gagal!
Tips Memanggang Daging Anti Gagal!

Agar daging panggang tetap juicy dan lezat, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Agar daging panggang tetap juicy dan lezat, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Daging panggang seperti sate , steak, atau barbeque adalah salah satu olahan daging yang banyak digemari. Masakan ini mempunyai rasa simpel yang lezat, yaitu rasa gurih dari daging. Membuat daging panggang juga sangat mudah yaitu daging dibumbui dan dipanggang. Meskipun begitu ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan berikut ini dalam memanggang daging.

1/ Bersihkan Alat Pemanggang

Sebelum mulai memanggang daging, pastikan bila alat pemanggang dalam keadaan bersih. Bersihkan terlebih dahulu alat pemanggang dari kerak atau sisa daging yang menempel dari hasil panggangan yang sebelumnya. Memanggang daging dengan pemanggang yang kotor akan mempengaruhi rasa daging panggang.

2/ Jangan Memanggang Daging dalam Keadaan Beku

Kesalahan yang masih banyak dilakukan orang adalah memanggang daging langsung dalam keadaan beku atau dari kulkas. Hal ini akan membuat tingkat kematangan daging tidak merata dan suhunya menurun. Sebaiknya, sebelum dipanggang, daging didiamkan terlebih dahulu dalam suhu ruang, sehingga tidak dingin. Dengan begini, tingkat kematangan daging bisa lebih merata.

3/ Marinasi Daging Lebih Lama

Beberapa orang mungkin ingin menggunakan bumbu minimalis dengan tujuan agar rasa alami daging lebih menonjol. Namun bila terlalu sedikit memberi bumbu marinasi, daging malah akan terasa hambar. Bila tidak ingin menggunakan terlalu banyak garam atau bumbu lain, ENDEUSiast bisa memberikan garam dalam jumlah yang cukup. Kemudian diamkan daging dalam bumbu marinasi setidaknya 35-40 menit sehingga bumbu bisa meresap hingga ke dalam daging. Bila perlu simpan daging yang dimarinasi dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman agar bumbu lebih meresap.

4/ Gunakan Potongan Daging yang Tepat

Tidak semua daging bisa dimasak dengan cara grill atau dipanggang dengan bara api. Hal ini karena berbeda jenis potongan daging membutuhkan cara pemasakan yang berbeda pula. Misalnya daging bagian T-bone lebih cocok dimasak dalam grill atau api langsung, sedangkan daging rib eye tanpa tulang lebih cocok dipanggang di atas wajan grill.

Pilihan potongan daging sangat menentukan kelezatan daging panggang. Irisan daging yang terlalu tipis akan membuat daging menjadi lebih kering dan keras setelah dimasak. Agar rasa daging panggang lebih lezat, ENDEUSiast bisa memilih bagian daging yang sedikit lemak atau marble. Ciri daging marble adalah terdapat serat putih lemak di dalamnya yang membuat daging lembut dan juicy.

5/ Jangan Menekan Daging Ketika Dipanggang

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah menekan, menusuk, dan terlalu sering membalik daging ketika dipanggang. Semua hal ini akan berpengaruh pada juiciness atau kelembutan dari daging panggang. Menekan dan menusuk daging ketika dipanggang akan membuat juice dari daging keluar. Selain itu, terlalu sering membalik daging ketika dipanggang membuat tingkat kematangan daging tidak merata serta bentuknya rusak. Daging panggang yang baru matang sebaiknya juga tidak langsung dihidangkan atau dipotong karena akan membuat semua juice dalam daging keluar.

Endeustorial

Ikuti Instagram