Tips Memanggang Ayam Untuk Pemula
Tips Memanggang Ayam Untuk Pemula

Tips memanggang ayam untuk menghasilkan rasa selezat restaurant, tentu didukung oleh beberapa teknik yang ternyata mudah dilakukan sendiri di rumah.

Menghasilkan Ayam Bakar selezat hidangan restoran ternyata tidaklah sulit. Cukup perhatikan saja beberapa hal berikut ini.

Menyantap Ayam Panggang atau Ayam Bakar tentu menjadi kenikmatan tersendiri. Namun, ada kalanya kita merasa sajian Ayam Bakar buatan restoran jauh lebih lezat dari Ayam Bakar yang kita masak sendiri di rumah. Ternyata untuk menghasilkan Ayam Bakar selezat hidangan restoran, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Yuk, langsung simak satu per satu.

1/ Memilih Ayam

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai memanggang adalah memilih ayam yang nantinya akan dipanggang. Umumnya ada tiga jenis ayam yang digunakan, yakni ayam negeri atau ayam broiler, ayam pejantan, dan ayam kampung. Ayam negeri menjadi ayam yang paling mudah ditemui di pasar. Harganya juga terbilang ramah di kantong. Namun dari segi rasa ayam negeri memiliki kualitas yang kurang jika dibandingkan dengan ayam kampung maupun pejantan. Jika ingin menggunakan ayam negeri, pilihlah yang berukuran kecil untuk menghasilkan ayam panggang yang tak terlalu berlemak.

Ayam kampung dan ayam pejantan memiliki cita rasa yang lebih gurih. Sayangnya kedua ayam ini memerlukan waktu memasak cukup lama jika menginginkan tekstur daging yang lembut. Teknik ungkep kerap digunakan untuk membuat serat ayam kampung yang keras menjadi empuk. Dalam proses ini juga racikan bumbu juga akan terserap lebih baik ke dalam ayam.

2/ Marinasi Bumbu

Bumbu menjadi salah satu kunci untuk menghasilkan ayam panggang yang sempurna. Melalui proses marinasi yang benar, maka bumbu akan meresap sebelum nantinya melalui proses panggang.

Ada dua macam bumbu marinasi yang bisa digunakan, yakni bumbu marinasi basah dan kering. Umumnya, hidangan Ayam Bakar khas Indonesia menggunakan bumbu marinasi basah yang terbuat dari campuran bumbu halus yang ditambahkan kecap manis atau saus tomat. Setelahnya sisa bumbu ini bisa dioleskan sesekali saat ayam dibakar atau dipanggang.

Marinasi dengan bumbu kering biasanya digunakan untuk Ayam Panggang daya Barat. Rempah kering, seperti oregano, rosemary, parsley, kayu manis bubuk, dan paprika bubuk, menjadi beberapa rempah populer yang digunakan untuk memarinasi daging ayam. Agar bumbu meresap sempurna pastikan untuk memarinasi daging selama minimum 2 jam sebelum diolah.

3/ Teknik Ungkep Agar Lebih Empuk

Teknik ungkep dilakukan dengan merebus ayam dengan air yang telah diberi bumbu dengan tujuan agar bumbu lebih meresap dan mendapatkan tekstur ayam yang lebih empuk. Agar cita rasa Ayam Bakar lebih menggugah, biasanya pada tahap ungkep ini penggunaan air kerap digantikan dengan air kelapa atau santan.

Takut repot menyiapkan santan? Cukup gunakan Sasa Santan yang terbuat dari daging buah kelapa tua berkualitas dan merupakan satu-satunya santan cair siap pakai yang mampu mempertahankan cita rasa dan aroma otentik dari santan segar. Setelah diungkep, sisa bumbu bisa disajikan sebagai pelengkap atau bumbu olesan ketika memanggang atau membakar ayam.

4/ Cara Memanggang dan Membakar

Tanpa teknik membakar yang sempurna, kelezatan Ayam Panggang ala resto pun akan sulit untuk didapat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membakar ayam. Pertama, jika ENDEUSiast menyimpan marinasi ayam dalam kulkas, sebaiknya biarkan dahulu daging kembali ke dalam suhu ruang sebelum dibakar. Cara ini akan membuat proses pembakaran akan lebih cepat dan ayam matang sempurna hingga ke tulang tanpa meninggalkan jejak gosong pada permukaannya.

Bakar di atas bara api yang berasal dari batok kelapa juga akan menciptakan aroma smokey yang lebih harum. Namun jika sulit, tak masalah jika harus menggunakan grill pan saat membakarnya.

Perhatikan saja besar kecilnya api kompor, agar permukaan ayam tidak terlalu gosong. Selain itu ayam juga bisa dipanggang menggunakan oven untuk mendapatkan aroma yang lebih harum. Gunakan suhu 180 - 200 C ketika memanggang ayam untuk menghasilkan warna dan aroma yang sempurna.

Setelah mengetahui tips dan trik membuat Ayam Bakar kini ENDEUSiast bisa mulai berkreasi untuk membuat hidangan Ayam Panggang selezat restoran di rumah. Yuk, masak!

Endeustorial

Ikuti Instagram