Tips Marinasi Daging Ayam Supaya Bumbu Lebih Meresap
Tips Marinasi Daging Ayam Supaya Bumbu Lebih Meresap

Tips Marinasi Daging Ayam Supaya Bumbu Lebih Meresap

Buat rasa daging ayam ENDEUSiast lebih enak dengan merendam daging ayam dengan bumbu dalam langkah berikut

Membuat olahan daging ayam dengan bumbu yang meresap merupakan tujuan banyak orang. Supaya bumbu meresap ke dalam daging ayam, orang sering merendam ayam dalam bumbu. Teknik tersebut sering disebut marinasi . Marinasi sering dilakukan terutama untuk membuat ayam bakar . Supaya marinasi memberikan manfaat yang maksimal, ikuti tips berikut ini.

1/ Menggunakan bumbu segar

Untuk mendapatkan daging ayam yang bumbunya meresap, ENDEUSiast harus menggunakan bumbu dan rempah-rempah berkualitas dan tentunya yang segar. Usahakan menggunakan rempah-rempah asli bukan dalam bentuk yang sudah jadi atau bumbu. Jika ENDEUSiast menggunakan rempah-rempah yang sudah kering maka hancurkan atau lumatkan rempah-rempah tersebut secara manual menggunakan tangan supaya kandungan minyak aromatiknya keluar sebelum menggunakannya sebagai marinasi.

2/ Menyimpan dalam wadah tertutup

Campuran bumbu yang digunakan untuk marinasi daging ayam berbentuk cair sehingga sebaiknya menggunakan wadah tertutup supaya saat wada terguncang air tidak tumpah. Selain itu jika ENDEUSiast menyimpan ayam yang sedang direndam tersebut ke dalam kulkas menggunakan wadah tertutup maka ENDEUSiast mencegah makanan lain terkontaminasi bakteri dari ayam mentah.

3/ Waktu proses perendaman

Lama waktu untuk marinasi ayam sebaiknya dilakukan menurut resep yang digunakan. Akan tetapi jika ENDEUSiast memasak tanpa menggunakan resep maka ENDEUSiast bisa marinasi ayam kira-kira selama dua jam. Jika ENDEUSiast ingin rasa yang kuat maka marinasi ayam dilakukan lebih lama. Lama waktunya marinasi tergantung rasa yang ENDEUSiast butuhkan dan bumbu yang ENDEUSiast gunakan. Sebenarnya, daging ayam dapat direndam paling lama sampai 2 hari. Akan tetapi, jika marinasi dilakukan terlalu lama dapat membuat tekstur daging ayam ENDEUSiast menjadi hancur atau terlalu lembek.

4/ Tak perlu ditiriskan

Setelah direndam ENDEUSiast tidak perlu meniriskan ayam misalnya seperti menepuk-nepuk ayam menggunakan tisu. Meniriskan ayam setelah marinasi justru akan membuat bumbu yang menempel pada daging ayam berkurang. Saat ingin memanggang atau menggoreng ayam, sebaiknya ayam yang telah langsung dipanggang atau digoreng.

Itulah beberapa tips marinasi yang dapat ENDEUSiast praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Endeustorial

Ikuti Instagram