Udah baca interview kami dengan @captainruby mengenai food photograpy minggu lalu? Sekarang ia berbagi tips foto yang bagus pakai ponsel untuk pemula.

Nggak perlu menjadi seorang fotografer profesional untuk bisa menciptakan foto yang bagus untuk di- upload di Instagram. Di artikel ini akan membahas tips foto makanan agar bisa mendapatkan hasil yang bagus ketika kita berkunjung ke kafe atau ke tempat makan.

Melihat orang memotret makanan sebelum dimakan saat sedang berada di kafe atau restoran bukanlah pemandangan yang asing lagi. Hampir semua orang pasti pernah memotret makanan yang sudah dihidangkan di atas meja sebelum akhirnya disantap. Bahkan ada beberapa tempat makan yang memang membuat sajian makanannya bagus untuk di potret alias instagramable .

Tujuannya? Untuk diposting di media sosial dong pastinya. Karena peran media sosial belakangan ini sangat besar. Para penggunanya pun membutuhkan konten yang bagus untuk mereka post ke akun mereka masing-masing. Alih-alih mengumpulkan like dengan membuat konten yang bagus sehingga semua orang bisa menyukainya.

Jika beberapa tahun lalu tren media sosial diramaikan dengan tagar #OOTD ( Outfit Of The Day) yang menampilkan foto diri sendiri berfokus pada pakaian yang mereka kenakan. Nah, ada lagi tren tagar #FoodPorn yang menampilkan foto makanan-makanan yang sangat menggiurkan bagi yang melihatnya.

Dalam tagar tersebut kita bisa menemukan berbagai makanan yang sangat menggugah hanya dengan melihatnya saja. Nggak percaya? Coba aja cek sendiri tagar tersebut di Instagram.

Bagi kita yang bukan fotografer profesional tapi ingin mendapatkan foto bagus meski hanya menggunakan ponsel, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Tips ini diberikan langsung oleh @captainruby seorang fotografer makanan yang telah berkecimpung selama 10 tahun.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalo ke kafe atau restoran jika mau mendapatkan foto makanan yang bagus meski hanya pakai ponsel,” ujarnya. Hal yang dimaksud tersebut adalah warna, tekstur, dan volume dari makanan yang harus diperhatikan. Nah, berikut ini adalah tips yang diberikan oleh Fellexandro Ruby untuk mendapatkan foto makanan yang bagus ketika di kafe.

Kita bisa mendapatkan warna makanan yang bagus kalau makanan yang kita pesan sudah memiliki warna yang bagus. Yang sulit kalau misalnya makanan yang kita pesan warnanya sudah gelap seperti rawon, lalu ingin foto yang bagus.

Jadi ada baiknya kita sudah tau dulu tampilan makanannya akan seperti apa sebelum memesannya. Hal ini berguna untuk kita memikirkan akan seperti apa fotonya nanti.

Pilih juga tempat duduk di samping jendela agar sinar matahari bisa langsung menerangi subjek foto. Seperti yang sudah kita ketahui kalau fotografi itu sangat membutuhkan cahaya. Semakin bagus cahayanya, semakin bagus juga hasil foto kita.

Untuk tekstur dan volume makanan, kita bermain dengan angle. Jadi nggak selalu harus flat lay; pengambilan foto lurus dari atas subjek (makanan), biasanya diambil sambil berdiri. Karena banyak angle lain yang lebih menarik tergantung makanannya.

“Misalnya kalau ingin memotret latte art pada kopi, menggunakan angle flat lay masih bagus”, tambah Ruby. Kita masih bisa mendapatkan makna dari foto tersebut. “Tapi kalau misalnya kita ingin memotret burger yang mau memperlihatkan lelehan bumbu atau keju, ketebalan daging dan lainnya bisa menggunakan angle dari samping.”

Karena kalau foto burger diambil dengan cara flat lay tidak akan terlihat volume dari burger tersebut. Hanya bun atas saja terlihat. Sedangkan isi dan volume dari burgernya tidak akan terlihat. Sebaliknya kalau kita memotret kopi dengan angle dari samping, kita tidak bisa mendapatkan bagusnya latte art.

Angle ini ( flat lay ) banyak ditemui di media sosial. Terlihat bagus-bagus saja karena subjeknya pas untuk dipotret dengan cara tersebut. Makanya nggak heran kalau banyak yang meniru angle ini.

Jadi nggak semua foto makanan itu bagus kalau diambil menggunakan angle foto dari atas. Apalagi kalau sampai menyusahkan diri sendiri hingga berdiri di atas kursi agar bisa mendapatkan foto semua makanan yang masuk ke dalam frame.

Jadi tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan bagaimana menghasilkan foto makanan yang bagus.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.