Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Cara memasak gorengan yang benar bisa jadi kunci kerenyahan dan rasa gorengan. Ini beberapa tips dan cara memasak gorengan yang garing dan renyah.

Setiap orang mungkin mempunyai cara memasak gorengan yang berbeda-beda. Namun beberapa orang mungkin pernah membuat gorengan yang tidak garing dan mudah lembek. Membuat gorengan memang sangat mudah, tapi ada beberapa trik sederhana yang bisa membuat gorengan menjadi garing seperti ketika membeli di warung. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memasak gorengan yang renyah dan garing.

1/ Tambah Tepung Kanji

Sebagian besar orang membuat gorengan dengan menggunakan tepung terigu saja. Padahal menggunakan tepung terigu saja akan membuat gorengan cepat lembek dan kurang garing. Ada dua alternatif tepung untuk membuat gorengan lebih garing. Pertama dengan mencampur tepung terigu dengan tepung beras.

Tepung beras memang bisa membuat gorengan garing tapi teksturnya cenderung keras dan alot. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan tepung kanji dengan rasio 1:3, yaitu satu satu sendok makan kanji untuk tiga sendok makan tepung terigu. Gorengan yang menggunakan tepung kanji hasilnya lebih renyah dan garing tapi tidak keras.

Buat adonan tepung dengan kekentalan yang pas, jangan terlalu tebal ataupun terlalu encer. Ketika bahan sudah dilumuri dengan tepung, segera goreng dan jangan direndam dalam adonan tepung terlalu lama.

2/ Tambah Baking Soda

Bila ingin gorengan lebih renyah lagi, ENDEUSiast bisa menggunakan baking soda. Baking soda ini membuat gorengan renyah lebih lama dan tidak mudah melempem. Namun ENDEUSiast harus berhati-hari bila menggunakan baking soda karena bila terlalu banyak rasa gorengan akan pahit dan bentuknya menjadi lebih mengembang.

3/ Jangan Menumpuk Gorengan

Ketika selesai menggoreng, biasanya orang menumpuk gorengan ketika ditiriskan. Memang meniriskan gorengan adalah proses yang penting, namun sebaiknya gorengan jangan ditumpuk .

Menumpuk gorengan ketika ditiriskan akan membuat minyak menupuk pada bagian bawah gorengan. Usakahan untuk meniriskan gorengan secara sendiri-sendiri sehingga minyak bisa tiris sempurna sehingga gorengan bisa renyah lebih lama.

4/ Cara Menggoreng yang Pas

Cara menggoreng gorengan memang terlihat sepele. Namun sebaiknya ENDEUSiast memperhatikan suhu penggorengan. Hindari menggoreng dengan minyak yang terlalu panas karena akan membuat gorengan mudah gosong padahal bagian dalamnya belum matang.

Selain itu, hindari juga menggoreng gorengan dengan minyak yang belum panas karena akan membuat gorengan menjadi berminyak. Yang terpenting adalah ketika membuat gorengan adalah selalu gunakan minyak yang baru agar gorengan tetap sehat dan rasanya tetap sedap. Gunakan minyak yang banya sehingga gorengan bisa terendam sempurna atau gunakan metode deep fried.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.