Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bagaimana agar daging untuk sate tetap lembut setelah dimasak? Simak tips jitunya berikut ini.

Sebagian besar orang menyukai daging sate yang empuk dan tidak alot. Ada banyak faktor yang menyebabkan daging sate menjadi alot dan tidak empuk seperti jenis daging yang digunakan hingga teknik yang digunakan untuk membuat sate. Membuat sate dengan daging yang empuk dan juicy memang sedikit tricky. Ada beberapa detail proses yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

1/ Jangan cuci daging

Bisa sebagian besar makanan harus dicuci dahulu sebelum dimasak, namun daging untuk sate tidak perlu dicuci. Meskipun terkesan jorok, namun mencuci daging sebelum digunakan untuk sate bisa menyebabkan daging menjadi lebih amis dan berbau. Hal ini khususnya berlaku untuk daging kambing. Selain itu, mencuci daging juga bisa membuat daging menjadi alot ketika diolah menjadi sate. ENDEUSiast bisa mengelap permukaan daging sapi atau kambing yang belum diiris dengan menggunakan tisu untuk menghilangkan kotoran sapi. Agar kuman bisa mati, ENDEUSiast harus memanggang daging hingga benar-benar matang.

2/ Ukuran potongan daging harus sama

Agar lebih mudah ditusuk ke tusuk sate, daging harus dipotong menjadi ukuran kecil. Meskipun ukuran potongan daging bebas dan sesuai selera, namun sebaiknya potong daging dengan ukuran dan ketebalan yang sama. Sehingga ketika dipanggang daging bisa matang merata dan tidak ada yang gosong.

3/ Rendam daging dengan bumbu

Beberapa orang menyukai olahan sate dengan bumbu minimalis yaitu garam dan lada. Namun kalau ingin daging lebih empuk dan juicy, ENDEUSiast perlu merendang daging dengan bumbu marinasi. ENDEUSiast bisa merendam daging dengan campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, dan sebagainya. Penggunaan rempah-rempah pada rendaman daging membantu menyamarkan aroma amis pada daging dan juga membuat daging lebih empuk. ENDEUSiast bisa merendam daging selama sekitar setengah jam sebelum dipanggang.

4/ Bungkus daging dengan daun pepaya

Salah satu cara membuat daging menjadi cepat empuk adalah dengan membungkusnya dengan daun pepaya. Enzim papain dalam daun pepaya berfungsi untuk membuat daging menjadi lebih cepat empuk. ENDEUSiast bisa membungkus daging dengan daun pepaya ketika daging dalam bongkahan besar dan belum dipotong kecil-kecil.

Bungkus daging dengan daun pepaya selama 2 jam dan simpan dalam lemari es. ENDEUSiast juga bisa membungkus daging yang sudah ditusuk dan dibumbui dengan daun pepaya sembari menunggu bumbu meresap.

5/ Bakar sate dengan cara yang tepat

Selain proses perendaman, tingkat keempukan daging juga dipengaruhi oleh cara membakar daging tersebut. Daging harus dibakar menggunakan arang yang terbuat dari batok kelapa ataupun menggunakan panggangan gas atau listrik. Panggang daging selama 3-5 menit tergantung dengan besarnya potongan daging dan jumlah sate yang dibakar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.