Sate kerap disajikan untuk pesta BBQ yang diadakan di rumah. Ada tips yang perlu ENDEUSiast ketahui untuk membuat sate ayam yang lezat dan garing.

Sate adalah makanan yang menggunakan daging dengan cara ditusuk. Makanan yang satu ini bisa disajikan di setiap momen seperti pesta BBQ. Sekilas memang terlihat mudah untuk membuatnya tapi bila kita tidak mengetahui caranya maka sate akan gagal. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam atau daging kambing. Untuk kali ini kita akan membahas sate ayam saja. Berikut dibawah ini akan dijelaskan cara membuat sate yang lezat dan garing di bagian luarnya.

Hal pertama yang harus ENDEUSiast perhatikan dalam membuat sate ayam adalah pemilihan dagingnya. Disarankan untuk menggunakan daging ayam broiler karena teksturnya juicy sehingga akan mudah empuk. Bisa juga menggunakan daging paha karena pada bagian tersebut teksturnya juicy dan sedikit berlemak sehingga rasanya jauh lebih gurih. Kalau ENDEUSiast mau memakai fillet daging ayam maka campurkan kulit atau sedikit lemak agar dagingnya tidak akan kering ketika dibakar.

Tips kedua adalah pada saat memotong daging ayam. Besar kecilnya potongan daging menentukan seberapa lama sate itu akan matang. Untuk menghasilkan sate dengan kematangan yang merata dan tidak ada yang gosong maka potonglah menjadi ukuran yang sama. ENDEUSiast juga menyelipkan lemak atau kulit ayam di antara potongan daging tapi samakan juga ukurannya.

Pemilihan tusuk sate juga tidak bisa sembarangan. Gunakanlah tusuk sate yang terbuat dari bambu atau lidi kelapa. Sebelum daging ditusuk, ENDEUSiast harus merendam tusuk sate selama beberapa menit agar nanti ketika dibakar tidak cepat gosong. Selain dari bambu, tusuk sate besi juga bisa menjadi pilihan. Memang cukup berat tetapi panas yang menyerap di besi akan membuat sate ayam tetap hangat lama.

Selanjutnya adalah menyiapkan bumbunya. Sebagai bumbu oles pada sate ayam ENDEUSiast perlu menyiapkan beberapa bahan seperti lemak ayam yang telah dilelehkan ditambah dengan kecap manis dan bawang putih halus. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah lalu mulai oleskan sesekali ke sate ayam yang sedang dibakar. Pemberian bumbu oles ini bertujuan untuk menghasilkan sate yang juicy.

Terakhir, sebagai pelengkapnya adalah saus. Umumnya, ada 2 jenis saus yang bisa ENDEUSiast pilih yaitu saus bumbu kacang dan saus kecap rawit. Kini telah ada varian baru dengan menggunakan saus salsa. Jika tertarik mencobanya bisa melihat di resep sate ayam saus salsa. ENDEUSiast bisa membagikan resep ini kepada keluarga maupun teman. Jangan lupa untuk menaburkan bawang goreng pada sate ayam ENDEUSiast agar rasanya lebih lezat dan gurih. Sudah siap membuat sate ayam yang lezat dan garing di luarnya? Selamat mencobanya di rumah ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.