Membersihkan talenan diperlukan tip yang tepat agar kerbersihan alat ini selalu terjaga. ENDEUSiast yakin sudah tahu cara yang benar membersihkannya?

Semua kegiatan memasak biasanya membutuhkan talenan untuk memotong, mengiris atau mencincang bahan. Rasanya kegiatan masak akan sulit bila tidak ada alat yang satu ini. Talenan yang sudah digunakan tentu akan kotor dan meninggalkan bekas noda. Apalagi bila ENDEUSiast menggunakan talenan kayu. Pori-pori pada talenan kayu rentan terkontaminasi dengan kuman dan bakteri dari sisa bahan masakan. maka dari itu harus segera dibersihkan agar tidak menjadi sarang penyakit. Untuk membersihkannya pun diperlukan tips agar talenan menjadi bersih dan kinclong. Mari kita simak tipsnya di bawah ini.

1/ Menggunakan Cuka

Cuka bisa menjadi pilihan tepat untuk membersihkan talenan yang kotor. Pada cuka terdapat kandungan asam asetat yang berfungsi sebagai desinfektan yang cukup ampuh untuk membersihkan noda membandel dan membunuh bakteri. Cara menggunakannya pun mudah, cukup taburi sedikit baking soda ke talenan lalu tuangkan cuka putih secukupnya. Biarkan selama 5 hingga 10 menit lalu bilas dengan air dan keringkan menggunakan lap. Selain digunakan untuk membersihkan, cuka juga berfungsi untuk mensterilkan talenan plastik. Bagi ENDEUSiast yang punya talenan plastik bisa diterapkan agar talenan selalu.

2/ Garam

Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, garam juga dipercaya bisa dijadikan pembersih talenan. Caranya adalah cuci talenan terlebih dahulu kemudian gosokkan menggunakan kain yang telah dibasahi air dan garam. Fungsi garam bisa membuat talenan ENDEUSiast terlihat lebih bersih dan cerah. Bila terdapat noda membandel pada talenan, bisa ENDEUSiast bersihkan menggunakan garam yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon. ENDEUSiast hanya perlu menggosokannya di bagian yang ada noda.

3/ Air Perasan Jeruk Lemon

Tanpa perlu mencampurkannya dengan garam, ENDEUSiast juga bisa menggunakan perasan air lemon untuk membersihkan talenan. Air perasan jeruk lemon berfungsi untuk membersihkan warna pekat dan bau menyengat dari bahan masakan. Misal, ENDEUSiast hendak membuat daging iris ala korea , maka noda dan bau daging masih melekat pada talenan. Untuk membersihkannya, ENDEUSiast cukup peras jeruk lemon secukup dan diamkan beberapa menit. Setelah itu barulah oleskan pada talenan yang kotor tadi. Masalah noda warna dan bau pun akan teratasi dengan mudah.

Setelah melihat tips di atas bagaimana pendapatmu? Mudah kan membersihkan talenan. Bahan-bahan yang digunakan pun praktis, relatif terjangkau dan bisa didapat di pasar tradisional. Pastikan untuk segera membersihkan talenan langsung setelah dipakai untuk menghindari bersarangnya kuman penyakit yang bisa mengenai masakan kita. Semoga adanya informasi ini bisa membantu kamu untuk membersihkan talenan sehingga kembali bersih dan kinclong. Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.