Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Membuat puding lapis ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada tip yang harus dilakukan agar tiap lapisannya sempurna. Yuk, langsung simak.

Puding adalah hidangan favorit setiap orang. Banyaknya variasi puding membuat hidangan ini makin disukai. Hanya saja, tak jarang banyak ibu yang enggan direpotkan dengan pembuatan puding ini, karena untuk membuat puding memang dibutuhkan teknik pencetakan yang tepat. Apalagi jika ibu ingin membuat puding lapis atau motif seperti Puding Lumut Lapis Susu dan Puding Lapis Moka , kesalahan sedikit saja akan membuat lapisan puding pecah dan jebol, sehingga bercampur dengan lapisan lainnya.

Kegagalan dalam membuat puding ini tidak akan terjadi jika ibu mengikuti trik dibawah ini.

Menuang Adonan dengan Sendok

Sendok dapat digunakan untuk membantu menghindari jebolnya lapisan puding yang ada di bawahnya. Tuangkan lapisan kedua menggunakan sendok sedikit sedikit. Hindari menuangnya secara langsung, karena akan beresiko membuat puding rentan jebol.

Menunggu Lapisan Pertama Setengah Mengeras Sebelum Menuang Lapisan Kedua

Tuanglah lapisan kedua setelah lapisan pertama mengeras. Cek lapisan pertama dengan menyentuh puding dengan jari. Lihatlah apakah permukaannya lengket dengan bagian dalam yang telihat basah. Jika memang lapisan pertama terlanjur mengeras, maka gunakan garpu untuk menusuk lapisan pertama puding, sehingga lapisan kedua bisa terikat sempurna.

Hindari juga meletakkan puding di dalam kulkas. Memang lapisan puding akan cepat mengeras, namun beresiko membuat puding mengembun, sehingga lapisan keduanya akan sulit menempel. Cukup gunakan suhu ruang untuk membuat lapisan puding mengeras.

Menunggu Uap Panas Menghilang Saat Menuang Adonan

Setelah adonan puding kedua selesai dimasak, maka biarkan sejenak hingga uap panasnya menghilang sebelum dituang. Suhu adonan yang terlalu panas beresiko membuat adonan puding jebol, namun jika terlalu dingin adonan juga akan sulit menempel. Biarkan dahulu adonan hngga hangat dan tak beruap.

Merendam Adonan Dengan Air Panas

Menunggu adonan pertama mengeras memang membutuhkan waktu. Sembari menunggu adonan pertama setengah mengeras, ibu bisa merendam panci atau wadah adonan lapisan puding kedua dengan air panas untuk mencegah adonan lapisan kedua mengeras sebelum sempat dituang.

Menyediakan Banyak Panci

Membuat puding yang berlapis-lapis tentu membutuhkan panci untuk memasak beragam adonan yang berbeda. Agar tidak bolak-balik dan repot, siapkan saja tempatnya dari awal ya.

Beberapa tips diatas bisa ibu terapkan saat ingin membuat aneka puding lapis yang cantik dan lezat. Dengan mengetahui tips membuat puding lapis agar tidak jebol dan bercampur di atas, ibu bisa berkreasi membuat aneka puding dengan banyak lapisan. Jangan takut berkreasi ya. Agar lebih nikmat saat disantap, masukkan puding yang telah jadi ke dalam kulkas. Yummy.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.