Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Namun tidak jarang ditemui orang yang tidak suka makan sayur. Bagaimana mensiasatinya?

Untuk memenuhi gizi seimbang, diperlukan makanan yang seimbang juga. Dalam makanan tersebut harus terkandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Di Indonesia sendiri, pemerintah menggalakkan makan dengan 4 sehat 5 sempurna, yaitu makan sumber karohidrat seperti nasi atau kentang, sumber vitamin yang berupa sayuran, sumber protein berupa lauk, mineral dan vitamin dalam buah. Makanan sehat ini akan lebih sempurna jika ditambahkan susu.

Hal yang menjadi masalah adalah jika seseorang tidak suka mengonsumsi sayur. Bagaimana kebutuhan vitamin dan mineralnya terpenuhi? Mau tahu solusinya? Berikut adalah cara mengatasi rasa tidak suka makan sayur.

1/ Campur sayur dengan makanan kesukaan

Setiap orang pasti mempunyai makanan favorit. Mencampurkan sayur ke dalam makanan favorit bisa menjadi solusi agar dapat mengonsumsi sayur dengan nikmat. Jika ENDEUSiast bingung memasak apa, ENDEUSiast bisa mencoba resep Nugget Ayam Sayur , Siomay Sayur , atau Omellete Sayuran .

2/ Buat kreasi jus sayuran

Jus biasanya identik dengan rasa buah yang manis dan segar. Namun bagaimana dengan jus sayuran? Tentunya enak dan endues dong. ENDEUSiast bisa mencampur buah-buahan favorit dengan sayur-sayuran, seperti sawi hijau, pokcoy, bayam, wortel, ataupun tomat.

Perpaduan nanas dan pokcoy bisa menjadi jus yang enak dan penuh serat. Selain itu ENDEUSiast bisa memadukan buah jeruk dengan wortel. Vitamin C pada buah jeruk akan berpadu dengan betakarotin dalam wortel. Selain endues, tentunya sehat untuk tubuhmu.

3/ Coba masak dengan cara dipanggang

Jika biasanya sayur diolah dengan ditumis atau direbus, maka coba untuk memanggangnya. Cara masak dengan variasi ini bisa menjadi salah satu alternatif agar ENDEUSiast bisa menikmati sayuran dengan nikmat. Kebab dan sate bisa menjadi pilihanmu. Padukan paprika dengan daging untuk menambah rasa endues. Sate Ayam Saus Salsa , Kebab Salmon , dan Kebab Steak Chimichurri bisa menjadi inspirasimu mengolah sayuran panggang.

4/ Sesekali cobalah makan salad

Jika selama ini ENDEUSiast lebih sering mengonsumsi salad buah, cobalah untuk mengonsumsi salad sayur. Salad sayur bisa menjadi salah satu solusi untuk ENDEUSiast yang tiak suka makan sayur. Untuk dressingnya ENDEUSiast bisa memilih sesuai yang ENDEUSiast suka. Tousand island, yogurt atau campuran olive oil dengan perasan lemon bisa jadi pilihan. Jika ENDEUSiast bingung cara membuat dressing salad, ENDEUSiast bisa cek 7 macam salad dressing yang bisa ENDEUSiast buat sendiri di sini .

Sudah tahu kan solusi dan cara mengatasi rasa tidak suka makan sayur? Segera pilih sayur yang akan ENDEUSiast konsumsi dan selamat berkreasi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.