Kebanyakan garam pada makanan jangan kuatir jadi sia-sia. Berikut langkah yang bisa dipraktekan untuk mengatasinya.

Garam memang sangat akrab dengan masakan Indonesia. Setiap kali memasak, bahan ini akan digunakan untuk melezatkan masakan. Namun terkadang, karena keasyikan menabur garam, kita tidak sadar seberapa banyak yang sudah tertuang dan akhirnya... keasinan.

Mungkin ENDEUSiast bisa membuat ulang jika waktunya luang, namun bayangkan bahwa suatu hari, ketika ingin menjamu tamu, masakan yang ada terasa seperti air laut. Pasti panik dan kecewa bukan? Tapi tenang, trik praktis ini bisa digunakan untuk mengatasi kebanyakan garam kok

1/ Encerkan dengan Cairan ‘Netral’

Tips satu ini bisa digunakan ketika ENDEUSiast sedang memasak sesuatu yang berkuah. Cairan netral ini misalnya adalah air dingin, kaldu tawar, bahkan wine . Tambahkan cairan tersebut di dalam masakan dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Ingat untuk menambahkannya sedikit-sedikit. ENDEUSiast tidak ingin bukan, rasa yang diciptakan malah hilang semua?

2/ Tambahkan Sayuran Hijau

Ini masih berlaku untuk makanan berkuah yang terlalu asin. ENDEUSiast bisa masukkan beberapa sayuran hijau seperti kangkung, bayam, atau sawi. Hindari sayur keras seperti wortel dan kentang karena makan waktu lama. Sayuran dapat menyerap sebagian garam yang ada dalam masakan.

3/ Tambahkan Pati

ENDEUSiast bisa menyelamatkan makanan dengan menambahkan pati untuk membantu menyerap garam. Bahan-bahan seperti nasi, kanji, pasta, atau mazeina. Menambahkan bahan ini juga harus berhati-hati karena meskipun bisa menjadi masakan enak, rasio yang salah bisa menghancurkan masakan.

4/ Cemplungkan Kentang

Kentang berguna ketika masakan masih setengah jadi atau di awalan sehingga kentang bisa matang bersamaan dengan masakan. Maka dari itu, ENDEUSiast juga harus mengecek rasa masakan dari waktu ke waktu.

5/ Campur dengan Sesuatu yang Asam

Rasa asam akan memudarkan rasa ‘air laut‘ dalam makanan contohnya adalah cuka putih, cuka apel, jus lemon, atau mustard.

Untuk menambahkannya, pastikan takarannya sedikit demi sedikit. Bisa jadi hidangan terlalu asam atau masih asin ketika porsi pencampuran tidak tepat.

6/ Bilas di Bawah Air

Jika kebanyakan garam ketika sedang memasak steak, ENDEUSiast bisa memikirkan cara ini. Garam akan larut bersamaan dengan air dingin untuk membilas. Trik ini juga bisa digunakan untuk sayuran kukus atau daging asin yang sudah dimasak kaldu.

7/ Tambahkan yang Manis

Rasa manis dari gula, gula merah, atau madu terkadang dapat membantu. Namun ingat bahwa jangan terlalu banyak menambahkan perasa manisnya.

8/ Gunakan Susu atau Komponen Krim Lain

Susu, krim, santan, dan yogurt tawar adalah krim dan dapat membantu menyeimbangkan rasa yang berat sebelah karena kelebihan garam. Tambahkan beberapa sendok makan ke hidangan sesaat sebelum disajilkan.

Cara-cara ini mudah dipraktekan bukan? Meskipun banyak manfaatnya , namun kalau ENDEUSiast sedang bermasalah dengan penggunaan garam yang terlalu banyak, tidak perlu panik, tinggal gunakan cara di atas. ENDEUSiast juga tidak perlu susah-susah membuat sajian baru.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.