Tepung dalam Pembuatan Pastry
Tepung dalam Pembuatan Pastry

Pastry selalu menggunakan tepung sebagai bahan utamanya.

Pastry selalu menggunakan tepung sebagai bahan utamanya. Tapi pernahkah ENDEUSiast bertanya mengapa ada banyak jenis tepung dan apa saja fungsinya?

Berbicara mengenai pastry, pernahkah ENDEUSiast berada di posisi sedang memanggang kue dan bertanya-tanya, “Mengapa resep ini membutuhkan tepung?” dan “Mengapa itu disebut tepung terigu, atau tepung serbaguna, atau tepung roti?” Tidak penting kedengarannya, tapi perlu juga untuk diketahui.

Nah, untuk ENDEUSiast yang penasaran, intip jawabannya di sini.

1/ Jenis Tepung Pastry

a/ Tepung Serba Guna : Jika suatu resep hanya menyebut "tepung," itu berarti tepung serbaguna. Tepung serbaguna digiling dari campuran gandum lunak dan keras, dengan kandungan protein sedang. Merupakan tepung yang paling serbaguna, yang mampu menghasilkan pie crust yang renyah, biskuit yang empuk dan roti kenyal.

b/ Tepung Terigu : Selama penggilingan, kernel gandum dipisahkan menjadi tiga komponen: endosperma, kuman (embrio) dan dedak (lapisan luar). Kandungan protein dalam tepung dapat mempengaruhi hasil dari masakan yang dibuat. Setiap resep pastry dan bakery selalu menunjukkan jenis tepung apa yang digunakan, simak dengan baik untuk menghasilkan adonan yang sempurna!

Dalam sebagian besar resep, tepung terigu dapat digantikan oleh tepung serbaguna. Karena kuman gandum kaya akan minyak yang cenderung tengik dan tepung gandum lebih mudah rusak daripada tepung putih.

2/ Lebih Baik Mana untuk Pastry?

Tepung digunakan sebagai bahan pengental. Ini bisa dilakukan karena protein yang disebut gluten mengembang ketika tepung bekerja. Sebagian besar resep pastry membutuhkan tepung serbaguna, yang merupakan campuran dari gandum keras dan lunak yang halus.

Gandum keras merupakan jenis tepung yang tinggi gluten atau tepung protein tinggi. Tepung ini memiliki kandungan mineral yang tinggi dan hanya bisa digunakan untuk membuat roti. Gandum lunak memiliki jumlah gluten yang lebih rendah dan digunakan untuk membuat cake dan kue kering.

Campuran dari tepung keras dan lunak adalah tepung serbaguna yang sangat ideal untuk sebagian besar resep yang membutuhkan tepung. Tepung ini lembut dan halus, memiliki sedikit gluten dan sering dicampur dengan tepung jagung.

Tepung adalah bahan dasar dalam pastry yang dipanggang dan biasanya dicampur terlebih dahulu dengan bahan kering lainnya seperti gula, baking powder, baking soda, ragi dan garam.

Jika ENDEUSiast ingin membuat pastry pastikan untuk memilih tepung yang sesuai. Pilih tepung berprotein tinggi untuk bakery/roti dan tepung protein rendah untuk cake dan cookies. Baca label kemasan dengan benar, agar menghasilkan pastry yang sempurna.

Untuk ENDEUSiast yang ingin mencoba memasak pastry, coba resep Endeus ini yuk!

1.

Cheesy Tuna Puff

2.

Smoked Beef Cheese Puff

3.

Pear Puff

Endeustorial

Ikuti Instagram