Gorengan, salah satu jajanan favorit untuk berbuka. Nggak cuma kita aja yang doyan tempe mendoan, Presiden pun juga doyan loh.

Gorengan merupakan salah satu menu takjil favorit ketika bulan Ramadan tiba. Seperti tempe mendoan yang nggak pernah absen di tiap penjual di pasar bukaan menjelang buka puasa. Bukan hanya mendoan, ada banyak juga makanan lain yang dicari oleh para pemburu takjil.

Mendoan berasal dari kata mendo dalam bahasa Banyumas yang artinya setengah matang atau lembek. Karena mendoan sendiri adalah tempe tipis yang dilumuri tepung, lalu digoreng setengah matang. Masih ada tekstur lembek di tempenya.

Disantap ketika panas memang yang terbaik. Karena kita masih bisa merasakan garing di luarnya dan lembek di dalamnya. Kalau sudah dingin, bagian tepungnya akan sama lembeknya dengan dalamnya. Tapi nggak juga mengurangi rasa enaknya menyantap mendoan.

Paling enak memang disantap untuk berbuka puasa dengan sambal. Seperti yang disajikan di Istana Negara sebagai salah satu menu buka puasa di hari pertama Ramadan yang bertepatan dengan tanggal 6 Mei lalu.

Presiden Joko Widodo menjamu para pejabat dan pimpinan negara untuk berbuka puasa bersama. Begitu waktu berbuka sudah tiba, Jokowi sapaan Presiden Joko Widodo mempersilakan para tamu untuk menjajal tempe mendoan yang telah disajikan.

Nggak lupa Jokowi juga mengambil satu potong tempe mendoan, kemudian melumurinya dengan sambal kecap.

Selain tempe mendoan, disajikan juga beberapa menu khas Indonesia oleh chef Istana Kepresidenan untuk menyambut para tamu istimewa. Beberapa makanan lokal yang disajikan cukup beragam, seperti soto mie, soto daging, bakso, martabak, ayam goreng mentega, sayuran, tahu banjaran, dan lain sebagainya.

Dari menu yang disajikan terbilang lengkap, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Cocok untuk siapapun yang memilih langsung makan berat ketika berbuka atau cukup dengan makanan ringan/camilan.

Tempe mendoan sendiri berasal dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Paling enak memang dibuat sebagai camilan daripada sebagai lauk ketika makan. Biasanya disajikan dengan sambal kecap. Tetapi ada juga yang menyajikannya dengan sambal kacang.

Kedua sambal tersebut bisa dipilih sesuai selera, mau sambal kecap atau kacang sama aja kok enaknya.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.