Tasya Farasya bikin Konten Nasi Disiram Kopi. Bagaimana Asal Mulanya?
Tasya Farasya bikin Konten Nasi Disiram Kopi. Bagaimana Asal Mulanya?

Tasya Farasya memberikan komentar positif nasi dengan siraman kopi susu yang dicobanya mirip dengan sajian bubur ketan

Nasi dengan siraman air kopi susu yang dilakukan Tasya Farasya, ternyata umum dinikmati warga Filipina sebagai comfort food!

Tasya Farasya Beauty Vlogger kenamaan Indonesia baru-baru ini membuat konten satu unik. Ia mencicipi kreasi nasi dengan siraman kopi susu dalam unggahan video T*ktok terbarunya.

Idenya dapatkan setelah melihat konten seorang pria Filipina, yang terlihat menikmati campuran nasi putih dengan nasi. Tasya lantas mencoba versinya dengan 2 cara makan, yakni nasi putih + kopi susu, dan shirataki + kopi susu. Keduanya dimakan bersama dengan snack keju aroma.

Tasya memberikan komentar positif jika makanan tersebut terasa enak, dan juga menyuruh tim-nya untuk ikut mencoba..Ekspresi temannya pun cukup beragam. Netijen yang terbiasa makan nasi dan lauk pun tak ketinggaan meramaikan kolom komentarnya

Hasil eksperimen Tasya pun mendapat beberapa tanggapan. Namun, rata-rata mereka tidak terlalu terkejut dengan konten tersebut. Malah, banyak yang bercerita bahwa mereka terbiasa menyantap nasi dengan siraman teh (mirip ochazuke khas Jepang)

Kenapa orang Filipina suka mencampurkan nasi dengan banyak hal?

Flipina merupakan salah satu negara yang mendapat julukan Lumbung Padi Asia Tenggara. Bersamaan juga dengan negara Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, dan juga Indonesia.

Salah satu tempat di daerah Ifugao bahkan memiliki teras sawah paling tua di dunia , yakni Terasering Banaue. Diperkirakan umurnya lebih dari dua ribu tahun, dan masih terawat sampai kini!

Hal ini tidak hanya menunjukkan obsesi orang Filipina pada nasi, tetapi juga menunjukkan salah satu karakter Filipina yakni 'kasipagan' (kerja keras) dalam menjaga peninggalan leluhur. Karenanya, nasi tidak dilihat sebagai bahan pokok pangan semata melainkan juga dinilai tinggi secara budaya dan sejarah.

Di negara Filipina, hampir 90 persen menu makanan kerap dipadankan dengan nasi. mulai dari menu sarapan - makan malam. Selain terbiasa menyantap nasi putih (kanin) dengan berbagai tambahan lauk, ada juga beberapa versi nasi populer yang mereka gemari yakni burnt rice (tutong), left-over rice (bahaw), dan fried rice (sinangag). Oya beragam topping di atasnya pun diniliai cukup eksploratif: seperti Champurado + Tuyo (Bubur Ketan Cokelat & Ikan Asin), Nasi + Spaghetti, Nasi + Milo bubuk.

*Salah seorang netijen bercerita bahwa ia mendapat pandangan aneh saat melakukan hal ini di lingkungan kerjanya.

(Source: https://worldofbuzz.com/this-woman-eats-her-rice-soaked-in-coffee-its-apparently-common-practice-in-the-philippines/ )

Bagaimana kebiasaan menyantap nasi putih dengan siraman kopi ini bermula, memang masih misteri.. Tapi, para penggemarnya berkata bahwa kombinasi nasi + kopi yang kerap menjadi snack sewaktu kecil itu, telah berubah menjadi comfort food yang selalu dikangenin sewaktu dewasa. (AY)

Ayu Nainggolan

Pemuja rasa dan penikmat cerita

Ikuti Instagram