Salah satu perlengkapan di dapur yang wajib dipunya adalah talenan. Ada dua jenis talenan; plastik dan kayu. Mana yang lebih baik?

Talenan merupakan perlengkapan masak yang wajib dimiliki di dapur rumah. Gunannya adalah untuk memotong bahan-bahan makanan mulai dari sayuran, buah, hingga daging.

Di pasaran sekarang banyak dijual talenan yang bisa kita pilih sesuai dengan kesukaan kita. Tapi ada dua bahan yang biasanya dipakai dalam membuat talenan, seperti plastik dan kayu.

Keduanya nggak ada salahnya untuk dipilih. Tapi lebih baik kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing talenan. Yang pasti talenan yang dipakai harus bersih supaya nggak ada bakteri yang tertinggal, akhirnya menempel di makanan baru. Keduanya berpotensi dalam menyimpan bakteri loh.

Untuk talenan kayu agak rentan terhadap bakteri dari makanan meski sudah berkualitas dan antimikroba. Mikroorganisme masih dapat terperangkap di dalam pori-pori talenan kayu. Walaupun menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Wisconsin mengatakan semua bakteri termasuk salmonella meski menempel pada talenan kayu akan mati dalam semalam.

Meski begitu seperti dikutip dari Reader’s Digest di beberapa kota di Amerika Serikat melarang penggunaan talenan kayu di restoran atau layanan makanan lainnya.

Sedangkan untuk talenan plastik, meski tidak punya pori-pori seperti pada talenan kayu, tapi bakteri bisa menempel dalam guratan-guratan pisau. Seperti yang udah kita tau kalau plastik akan lebih mudah tergores dibandingkan dengan kayu.

Meski begitu bukan berarti talenan kayu akan bebas dari “luka goresan” pisau. Ada jenis kayu yang agak sulit terkena guratan pisau, seperti kayu maple dan kayu beech. Yang di rekomendasikan oleh FDA (badan pengawas makanan dan obat di Amerika Serikat) adalah talenan yang dibuat dari kayu maple karena selain lebih kuat juga lebih tahan terhadap air.

Bakteri dalam guratan di talenan tersebut akan sulit untuk dibersihkan sepenuhnya. Sebuah penelitian lain menghasilkan bahwa setelah dibersihkan talenan kayu memiliki lebih sedikit bakteri dibandingkan dengan talenan plastik.

Yang pasti keduanya bisa sama-sama menyimpan bakteri, tetapi akan lebih aman lagi jika sering dibersihkan dengan benar dan rutin diganti jika sudah dipakai beberapa waktu.

Ben Chapman, seorang food safety researcher di NC State seperti yang dikutip dari NCSU Edu mengatakan untuk memotong daging bisa menggunakan talenan plastik. Tetapi untuk memotong buah, sayur, dan makanan lain yang siap langsung dimakan seperti roti, sebaiknya gunakan talenan kayu.

Jadi mana yang lebih baik digunakan? Talenan kayu atau talenan plastik? Kenapa nggak pakai dua-duanya aja seperti yang dikatakan oleh Chapman?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.