Tahu dan Tempe Bacem Nggak Gampang Hancur dengan Cara Ini
Tahu dan Tempe Bacem Nggak Gampang Hancur dengan Cara Ini

Membuat tahu dan tempe bacem ternyata mudah kok. Ikuti cara ini, dijamin tahu dan tempe nggak akan gampang hancur.

Baceman adalah salah satu cara memasak dengan cara merebus bahan makanan dalam waktu yang lama dengan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan. Ada bahan bahan makanan yang biasa digunakan untuk bacem, salah satunya adalah tahu dan tempe.

Tahu dan tempe bacem adalah salah satu lauk populer terutama di Jawa. Cara memasak tahu dan tempe bacem ini sebenarnya cukup mudah yaitu tahu dan tempe dimasak dengan bumbu dalam waktu yang lama.

Namun salah satu kendala membuat makanan ini adalah tahu yang sering hancur dan tempe yang kurang sedap. Berikut ini adalah beberapa tips membuat tahu dan tempe bacem yang lezat dan nggak gampang hancur.

1. Kukus tahu

Tahu memang secara alami mempunyai tekstur yang rapuh dan mudah hancur. Biasanya tahu akan semakin mudah hancur bila dimasak dalam waktu yang lama dan bersama dengan tempe yang teksturnya keras.

Untuk menyiasatinya, kita bisa mengukus tahu terlebih dahulu selama 15 menit agar teksturnya menjadi lebih kokoh. Mengukus tahu juga membuat tahu lebih tahan lama dan nggak mudah basi. Bila tidak ingin mengukus, kita juga bisa menggoreng tahu setengah matang sebelum kemudian dimasak dengan bumbu bacem.

2. Buat bumbu halus

Kelezatan bacem terletak pada bumbu-bumbunya. Bumbu yang digunakan untuk membuat bacem sebenarnya nggak terlalu banyak yaitu bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Pastikan semua bumbu sudah dihaluskan dengan baik agar mudah meresap pada tahu dan tempe.

3. Gunakan gula merah berkualitas

Bacem memang mempunyai rasa yang manis karena menggunakan gula merah. Agar tempe dan tahu bacem mempunyai rasa yang lezat dan penampilan yang menarik, kita bisa memilih gula merah yang berkualitas.

Pilih gula merah yang berwarna cokelat tua agar warna bacem bisa lebih “menyala.” Kalau nggak ada gula merah yang berwarna gelap, kita bisa menambahkan sedikit kecap manis untuk membuat tampilan bacem menjadi lebih cantik.

4. Masak tahu dan tempe bacem

Agar tahu nggak hancur ketika dimasak menjadi bacem, sebaiknya kita memasaknya secara terpisah. Jadi tahu dan tempe bacem nggak dimasak dalam wajan yang sama. Dengan cara ini tahu nggak akan “bertabrakan” dengan tempe yang membuatnya mudah hancur.

Masak semua bahan tahu dan tempe bacem dengan bumbu dan rempah selama beberapa jam sambil sesekali dibolak balik agar bumbu meresap sempurna.

5. Panggang tahu dan tempe bacem

Bila air rebusan sudah menyusut, tandanya bacem tempe dan tahu sudah matang. Tahu dan tempe bacem bisa langsung dikonsumsi seperti ini yang disebut dengan baceman basah. Namun kita juga bisa memanggang tahu dan tempe bacem agar bagian luarnya sedikit krispi. Kita juga bisa menggoreng tahu dan tempe bacem, namun biasanya tahu dan tempe menjadi lebih berminyak.

Endeustorial

Ikuti Instagram