Soto ayam adalah salah satu makanan Indonesia dengan banyak versi. Membuat soto ayam ini juga sangat mudah dengan tips berikut ini.

Soto ayam adalah salah satu makanan Indonesia yang mudah dibuat dan mempunyai banyak variasi. Salah satu versi yang populer adalah soto ayam kuning dengan kuah yang bening. Soto ayam bening ini cocok dinikmati ketika hujan ataupun ketika badan kurang fit. Membuat soto sebenarnya mudah, hanya saja proses perebusannya yang sedikit lebih lama agar ayam bisa empuk. Berikut ini beberapa tips sukses membuat soto ayam bening dengan kuah segar.

1/ Pilih Jenis Ayam

Jenis ayam apa saja bisa dibuat menjadi soto, namun yang paling enak adalah ayam betina petelur yang sudah tidak lagi bertelur. Ayam jenis ini biasa disebut dengan ayam babon. Ayam babon ini mempunyai lapisan lemak yang tebal sehingga membuat soto menjadi gurih. Pilihan yang lain adalah ayam kampung meskipun lemaknya sedikit namun rasanya lebih gurih dibanding dengan ayam negri. Bagian ayam yang paling baik untuk soto adalah bagian dada, namun juga bisa menggunakan bagian paha.

2/ Rebus Ayam

Salah satu kunci kelezatan soto terletak pada proses perebusan ayam. Potong 1 ekor ayam menjadi 4 atau delapan bagian dan kemudian cuci hingga bersih. Tiriskan ayam hingga tidak ada kotoran atau darah yang bersisa. Rebus ayam dalam air mendidih di panci dan rebus dengan api kecil hingga keluar kaldunya. Bila menggunakan ayam negri, ENDEUSiast bisa membuang air rebusan ayam pada 10 menit pertama. Kemudian ganti dengan air yang baru dan rebus kembali hingga empuk.

3/ Bumbu Soto

Selama ayam sedang direbus, ENDEUSiast bisa mempersiapkan bumbu-bumbu. Bumbu soto sebenarnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, kunyit (bila ingin kuah kuning), dan jahe. Blender halus bumbu-bumbu dan tumis hingga keluar minyaknya. Tambahkan daun jeruk purut dan serai yang sudah digeprek.

4/ Kaldu dan Daging

Setelah bumbu siap, masukkan bumbu ke dalam rebusan ayam. Jangan lupa menambahkan gula, garam, dan penyedap sesuai selera. Rebus ayam bersama dengan kaldu dan bumbu hingga meresap dan daging menjadi empuk. Tiriskan ayam bila sudah empuk dan kuah soto siap digunakan. ENDEUSiast bisa menggoreng ayam atau tetap dalam bentuk rebusan.

5/ Jangan Lupa Bahan Pelengkap

Soto tanpa pelengkap bukanlah soto. ENDEUSiast bisa menambahkan kecambah atau suun yang sudah direbus, telur rebus, dan suwiran daging ayam. Bila ingin lebih sedap tambahkan bawang goreng dan irisan daun bawang. Sajikan soto dengan kecap manis, sambal, dan jeruk nipis sesuai selera. Bila suka, ENDEUSiast juga bisa menyajikan kerupuk, pekedel, ataupun tempe goreng.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.