Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sudah tahu tips sukses membuat sajian panggang berbahan dasar seafood? Yuk simak beberapa tips berikut.

Memanggang adalah salah satu cara memasak seafood yang banyak disukai. Seafood panggang juga merupakan salah satu makanan yang populer di berbagai dunia termasuk di Indonesia. Sebenarnya membuat seafood panggang tidak susah, hanya saja banyak orang melakukan kesalahan sehingga rasa seafood panggang menjadi kurang lezat. Agar rasa seafood panggang tetap juicy dan tidak amis, ENDEUSiast bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1/ Pilih seafood yang segar

Salah satu kunci kelezatan seafood panggang adalah penggunaan bahan yang segar. Seafood yang digunakan harus dalam keadaan segar sehingga tidak meninggalkan bau amis dan rasanya tetap lezat. Salah satu ciri seafood yang segar adalah teksturnya yang masih kenyal dan warnanya tidak putih atau abu-abu pudar.

2/ Bersihkan seafood dengan benar

Selain seafood yang segar, cara membersihkan seafood juga menjadi salah satu kunci kelezatan seafood panggang. Seafood yang tidak dibersihkan dengan benar akan membuat rasanya sedikit pahit dan amis. Untuk ikan, ENDEUSiast bisa membersihkan sisik dan isi perut. Sedangkan untuk cumi-cumi ENDEUSiast bisa mengeluarkan tinta dan mulut cumi yang terletak pada bagian bawah tentakel cumi. Buang juga isi perut dan kulit luar cumi agar rasanya tidak amis. ENDEUSiast bisa membuang kulit udang ataupun tidak namun yang terpenting adalah belah punggung udang untuk mengeluarkan kotorannya.

3/ Kerat seafood dan bumbui

Setelah bersih, kerat permukaan seafood seperti cumi dan ikan sehingga bumbu bisa lebih meresap. Beri guratan pada badan seafood namun jangan sampai putus. Guratan ini akan memberikan tampilan yang cantik ketika seafood sudah matang. Memberi kerat pada seafood juga membantu seafood agar lebih cepat matang secara merata.

Setelah diberi kerat, ENDEUSiast bisa memarinasi seafood dengan rempah dan bumbu-bumbu. Pilihan bumbu yang digunakan bisa sesuai selera, yaitu menggunakan rempah yang kuat ataupun menggunakan bumbu minimalis. Seafood pada dasarnya sudah membawa rasa manis gurih alami sehingga biasanya orang-orang tidak menggunakan bumbu yang rumit.

4/ Perhatikan waktu memanggang

Lama waktu pemanggangan juga menentukan kelezatan seafood. Seafood termasuk makanan yang mudah matang sehingga tidak perlu dipanggang dalam waktu yang lama. Terlalu lama memanggang akan membuat seafood overcook dan dagingnya menjadi keras. Ikan biasanya membutuhkan waktu 10 menit, yaitu masing-masing 5 menit untuk dua sisi dan cumi membutuhkan waktu 3-4 menit.

5/ Sajikan dengan pelengkap

Ketika membuat makanan serba panggang, ENDEUSiast bisa menyajikan makanan-makanan pelengkap. ENDEUSiast bisa menyajikan sayuran yang dipanggang, lalapan, dan juga sambal. ENDEUSiast bisa menyajikan seafood panggang dengan sambal kecap, sambal bawang, ataupun sambal mangga muda. Makanan pelengkap membuat seafood panggang menjadi semakin lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.