Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Salah satu kue Lebaran yang wajib ada adalah sagu keju. Udah tau gimana cara membuatnya agar lembut dan lumer di mulut? Ini tipsnya.

Menyiapkan kue kering adalah salah satu kebiasaan yang hampir selalu dilakukan ketika lebaran. Kue lebaran yang paling populer adalah nastar, kastengel, kue kacang , dan yang nggak boleh ketinggalan adalah sagu keju.

Sagu keju adalah salah satu kue lebaran yang menjadi favorit banyak orang karena rasanya manis gurih dengan paduan keju dan tekstur yang lumer dari tepung sagu.

Membuat kue sagu memang sebenarnya nggak terlalu susah, namun tetap aja ada banyak orang yang masih gagal membuat kue yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa tips sukses membuat kue sagu keju untuk lebaran yang lembut dan lumer di mulut.

1. Pilih tepung berkualitas

Sesuai dengan namanya, sagu keju dibuat dari tepung sagu. Agar hasil kue sagu tetap bagus, yang terpenting adalah memilih tepung sagu yang berkualitas, nggak berkutu, nggak bau apek, dan warnanya nggak kusam.

Ada banyak merek tepung sagu yang bisa digunakan. Apapun pilihan tepung sagu, yang paling penting adalah pilih yang masih bagus dan nggak kadaluarsa. Dengan bahan tepung berkualitas, rasa kue sagu keju akan lezat dan lumer.

2. Sangrai tepung

Berbeda dengan kue kering lainnya, sebelum membuat sagu keju, tepung sagu perlu disangrai terlebih dahulu. Hal ini karena tepung sagu berbeda dengan tepung terigu biasa. Tepung sagu biasanya lebih basah sehingga perlu disangrai terlebih dahulu hingga kering agar kue bisa lumer dan lembut.

Sangrai tepung sagu dengan beberapa lembar daun pandan dengan menggunakan wajan yang tebal. Gunakan api kecil untuk menyangrai tepung agar nggak mudah gosong. Sangrai tepung sagu hingga terasa ringan kemudian pindahkan tepung dari wajan agar tepung nggak menjadi gosong.

3. Ayak tepung sebelum digunakan

Setelah disangrai dan didinginkan, tepung sagu masih nggak bisa langsung digunakan. Tepung sagu harus diayak terlebih dahulu sebelum digunakan. Mengayak tepung akan membuat tepung menjadi lebih halus dan kotoran-kotoran nggak akan ikut masuk ke dalam adonan.

4. Perhatikan tekstur adonan

Salah satu ciri kue sagu yang gagal adalah adonan yang melebar. Untuk mencegah hal ini, Kita harus memperhatikan tekstur adonan kue sagu. Adonan kue sagu seharusnya nggak terlalu encer dan nggak terlalu keras, namun cukup mudah untuk dicetak dengan spuit. Kita juga harus memperhatikan perbandingan bahan agar konsistensi adonan bisa pas.

5. Panggang dengan suhu yang tepat

Sama halnya dengan memanggang kue kering yang lain, memanggang kue keju juga harus memperhatikan suhu dengan baik. Kue sagu keju bisa dipanggang dengan suhu 150 derajat selama 30-35 menit. Bila menggunakan oven manual, sebaiknya gunakan api yang kecil agar kue sagu keju nggak mudah gosong.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya