Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kue ikan atau fish cake adalah salah satu olahan ikan yang banyak digemari. Berikut ini beberapa tips sukses membuat fish cake.

Fish cake adalah salah satu olahan ikan yang banyak digemari. Tidak hanya di Indonesia, fish cake ini juga ada di negara-negara Asia yang lain seperti eomuk dari Korea, tod mun pla dari Thailand, atau pempek dari Indonesia. Apapun jenisnya, prinsip pembuatannya sama saja, yaitu daging ikan yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Berikut ini beberapa tips sukses membuat fish cake .

1/ Gunakan Bahan Segar

Segala hal yang berhubungan dengan ikan, wajib hukumnya menggunakan bahan-bahan yang segar. ENDEUSiast bisa menggunakan daging ikan beku untuk membuat fish cake , namun hasilnya lebih baik menggunakan ikan yang segar . Fish cake biasanya menggunakan daging ikan yang berwarna putih seperti ikan kakap, ikan tenggiri, ikan tuna, dan sebagainya. Selain ikan, ENDEUSiast juga bisa ditambahkan seafood berwarna putih seperti udang dan atau cumi-cumi.

2/ Keringkan Ikan Terlebih Dahulu

Sebelum ikan dihaluskan, daging ikan dan seafood lain harus dicuci hingga bersih. Bila menggunakan cumi-cumi pastikan bila tintanya sudah dibersihkan hingga benar-benar bersih. Setelah dibersihkan, jangan langsung menggiling ikan. Sebaiknya keringkan ikan terlebih dahulu. ENDEUSiast bisa mengeringkannya dengan tisu dapur untuk mengurangi air pada ikan. Hal ini membantu mengurangi kandungan air pada adonan sehingga teksturnya tidak terlalu basah dan mudah dibentuk.

3/ Haluskan Bahan

Daging ikan haruslah dihaluskan terlebih dahulu, umumnya menggunakan mesin penghalus elektronik maupun manual. Tekstur adonan harus lembut sehingga ketika dibentuk bisa menghasilkan kue ikan yang mulus permukaannya. ENDEUSiast bisa menggunakan blender atau food processor untuk menghaluskan daging ikan dan seafood.

4/ Bahan Perekat

Salah satu kunci kesuksesan mengolah ikan menjadi fish cake terletak pada bahan perekat. Bahan ini membantu adonan kue ikan agar tidak ambyar dan lebih menyatu. Selain itu, bahan perekat juga membantu menambah tekstur agar lebih kenyal. Ada banyak jenis bahan perekat yang bisa digunakan, misalnya tepung terigu, tepung kanji, tepung kentang, dan juga telur. ENDEUSiast bisa menggunakan salah satu ataupun kombinasi beberapa bahan perekat sesuai dengan petunjuk pada resep.

5/ Olesi Tangan dengan Minyak

Mencetak fish cake menjadi bentuk yang menarik memang sedikit tricky . Hal ini karena tekstur adonan fish cake lembek dan lengket ketika dibentuk. Agar lebih mudah dibentuk ENDEUSiast bisa mengolesi tangan dengan minyak terlebih dahulu. ENDEUSiast juga bisa mencelupkan tangan ke air setiap sebelum membentuk dengan cara ini permukaan fish cake setelah matang bisa mulus.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.