Sukses Membuat Japanese Cheesecake Sendiri
Sukses Membuat Japanese Cheesecake Sendiri

Japanese Cheesecake adalah salah satu kue yang cukup banyak digemari belakangan ini.

Japanese cheesecake merupakan salah satu kue keju yang populer berasal dari Jepang, sesuai namanya. Kue yang terbuat dari keju ini sangat digemari karena teksturnya yang selembut kapas, fluffy , dan jiggly .

Nggak heran bila kue yang populer satu ini menyita perhatian dan membuat banyak orang ingin membuat Japanese cheesecake sendiri. Proses pembuatannya ini sama dengan kue-kue pada umumnya, hanya saja kue keju ini membutuhkan ketelitian yang lebih.

1. Persiapkan alat dan bahan

Sama seperti ketika membuat kue pada umumnya, kita harus mempersiapkan bahan dan alat untuk membuat Japanese cheesecake ini. Peralatan yang digunakan meliputi mixer , wadah untuk mengocok adonan, oven, parchment paper , dan Loyang.

Pastikan semua peralatan bersih dan tidak ada lemak yang menempel terutama pada wadah dan pengaduk adonan. Agar hasil cheesecake lebih bagus, kita bisa menggunakan loyang bulat tanpa sambungan.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue keju ini juga harus mempunyai kualitas yang bagus. Pastikan telur yang digunakan masih segar, tepung terigu yang tidak menggumpal, dan sebagainya.

Salah satu kunci kesuksesan kue ini adalah dari timbangan bahan yang pas. Timbang dulu semua bahan sesuai dengan resep, jangan kurang dan jangan lebih.

2. Putih telur dingin

Kalau sebagian kue-kue dibuat dengan telur yang suhu ruang, namun untuk Japanese cheesecake ini lebih baik menggunakan putih telur yang dingin. Di Jepang, kue keju ini menggunakan putih telur yang dingin agar tekstur cheesecake bisa lembut.

3. Jangan diaduk berlebih

Adonan cheesecake ini menggunakan putih dan kuning telur yang dipisah. Kuning telur dicampur dengan tepung, mentega, dan gula. Sedangkan putih telur dikocok hingga mengembang seperti whipped cream . Kemudian kedua bahan dicampur menjadi satu. Ketika mencampur ini sebaiknya adonan nggak terlalu banyak diaduk karena nanti akan membuat kue bantet atau kurang naik.

4. Kenali oven

Proses pemanggangan Japanese cheesecake ini menggunakan dua suhu yang berbeda. Pertama panaskan oven dengan suhu 180C, setelah adonan dimasukkan turunkan suhu menjadi 160C dan setelah beberapa saat kemudian turunkan suhu menjadi 150C. Dengan cara ini kue keju bisa mengembang dan matang dengan sempurna.

5. Perhatikan cara memanggang

Cara memanggangnya juga sangat berpengaruh pada tingkat kesuksesan kue ini. Kue keju ini dipanggang dengan metode au bain marie atau water bath . Yaitu loyang adonan nggak langsung dimasukkan ke dalam oven namun dengan meletakkan loyang tersebut dalam loyang yang lebih besar dan sudah diisi air. Sehingga loyang adonan yang digunakan sebaiknya tidak menggunakan sambungan karena air bisa merembes masuk ke dalam adonan.

Endeustorial

Ikuti Instagram