Capcay adalah salah satu makanan Cina yang terbuat dari berbagai jenis sayuran. Masakan ini sangat populer di berbagai restoran Cina.

Dalam Kuliner Cina, capcay adalah salah satu masakan yang merupakan campuran berbagai macam sayuran, daging, dan kuah yang kental. Di Indonesia, capcay adalah salah satu kuliner yang selalu ditemui di restoran atau masakan Cina.

Membuat capcay sebenarnya sangat mudah karena pada dasarnya menggunakan metode tumis. Tapi entah mengapa capcay yang dibeli di restoran selalu lebih lezat dari pada capcay yang dibuat sendiri. Nah, agar capcay buatan sendiri bisa sama lezat dan di restoran, berikut ini beberapa tips sukses memasak capcay.

1/ Pilih sayuran segar

Tips sukses membuat capcay adalah pemilihan sayuran yang segar. Gunakan hanya sayuran segar, tidak layu, ataupun tidak ada bagian yang busuk atau berwarna coklat. Sayuran yang segar akan memberikan rasa manis alami dan tekstur yang renyah.

Pilihan sayur bisa disesuaikan dengan stok yang ada di rumah misalnya wortel, kembang kol, brokoli, sawi, kubis, dan sebagainya. Gunakan minimal 3 macam sayuran yang berbeda agar rasa capcay bervariasi.

2/ Cuci dan tiriskan sayur

Setelah sayuran dibersihkan dan diiris, cuci sayuran dalam air yang mengalir kemudian tiriskan pada wadah berlubang. Hal ini mencegah sayuran menjadi cepat busuk karena terendam dalam air.

Sebaiknya cuci sayuran berdasarkan jenisnya dan jangan dicampur menjadi satu. Nantinya cara ini akan memudahkan ketika memasak capcay karena sayuran tidak langsung dimasak menjadi satu.

3/ Pilah sayuran

Memilah sayuran untuk capcay sebaiknya berdasarkan tingkat kekerasan. Setiap sayuran mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda misalnya sawi lebih lunak dibandingkan wortel. Agar tekstur sayuran untuk capcay tetap terjaga ketika matang, maka sayuran harus dipilah dan dimasak tidak bersamaan.

Urutan yang pertama adalah wortel yang paling keras. Kemudian setelah wortel sudah setengah matang, kembang kol dan jagung muda, setelah itu brokoli dan kacang kapri. Terakhir sawi hijau dan kol yang mudah layu.

4/ Gunakan api sedang – besar

Salah satu cara menjaga rasa sayuran agar tetap lezat adalah dengan memasaknya menggunakan api sedang dan besar. Api sedang digunakan untuk memasak wortel, kembang kol, dan jagung muda. Sedangkan api besar digunakan untuk memasak brokoli, sawi hijau, kacang kapri, dan kol.

Api besar membuat sayuran cepat matang, namun teksturnya tetap segar dan renyah. Selain itu, sayuran yang dimasak dengan api besar juga lebih sedap. Bila suka, ENDEUSiast bisa menambahkan irisan daging ayam, telur orak-arik, bakso, dan sebagainya.

Untuk mengentalkan kuah, gunakan maizena yang sudah dilarutkan dalam air. Jangan mencampur langsung maizena kedalam kuali capcay karena akan menggumpal. Masukkan maizena ketika capcay sudah matang dan akan dihidangkan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.