Street Food Manis Khas Jawa, Sudah Pernah Coba?
Street Food Manis Khas Jawa, Sudah Pernah Coba?

Street Food Manis Khas Jawa, Sudah Pernah Coba?

Penjelajah jajanan manis khas Jawa berburu makanan berikut yang pasti masuk daftar street food wajib dicoba

Indonesia menjadi negara yang memiliki beragam kuliner khas yang tersebar di seluruh daerah. Begitu juga untuk street food -nya yang tidak kalah lezat dari menu makanan utamanya. Dari sekian banyak jajanan yang ada di Indonesia, apakah ENDEUSiast sudah pernah mencoba berbagai jenis jajanan khas Jawa yang terbilang unik dan sudah sulit untuk ditemukan. Rasanya pun tidak kalah dengan jajanan yang ada di luar negeri. Bila ENDEUSiast belum pernah coba, setidaknya harus tahu aneka jajanan apa saja yang ada di Jawa dari daftar yang ada di bawah ini.

1/ Gethuk

Jajanan khas Jawa ini terbuat dari singkong yang diproses dengan cara dilembutkan baru dicampurkan dengan pewarna alami makanan dan gula. Rasanya tentu saja manis dengan tekstur lembutnya yang memanjakan lidah. Sekalipun ini hanya sekedar jajanan biasa tetapi sudah bisa membuat ENDEUSiast kenyang. Untuk lebih enak lagi, gethuk akan diberikan kelapa parut di atasnya. Jajanan tradisional ini bisa ENDEUSiast temukan di berbagai daerah di Jawa Tengah khususnya Yogyakarta yang biasanya di jual di pasar tradisional maupun pedagang keliling di pinggiran jalan.

2/ Wajik

Jajanan manis khas Jawa yang bisa ENDEUSiast coba adalah wajik. Bahan yang digunakan untuk membuat wajik adalah beras ketan yang dicampurkan dengan gula jawa dan santan. Jajanan yang satu ini hingga kini masih populer khususnya bagi masyarakat Yogyakarta. Biasa disajikan pada acara tertentu seperti acara pengajian hingga pesta pernikahan. Rasa beras ketan yang gurih dicampur dengan manis bisa bersatu dengan sempurna. Dalam sekali gigitan ENDEUSiast akan merasakan tekstur kenyalnya yang benar-benar maknyus.

3/ Klepon

Klepon memiliki bentuk bulat yang dipenuhi dengan parutan kelapa. Sama seperti wajik, jajanan tradisional unik khas Jawa ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan gula jawa yang sudah dicairkan terlebih dahulu. Tidak heran bila klepon juga dijuluki sebagai volcano Indonesia karena ketika ENDEUSiast menggigit akan terasa lumuran manisnya gula jawa cair yang memenuhi mulut. Jika ENDEUSiast tertarik untuk membuatnya, bisa mencoba resep klepon gula merah ini.

4/ Cenil

Jika dilihat sekilas, tampilan cenil hampir sama dengan klepon. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda. Untuk jajanan cenil bahan utamanya menggunakan tepung kanji yang dibentuk menjadi kotak kecil atau lonjong. Untuk memberikan tampilan yang menarik, cenil diberikan pewarna makanan alami sehingga memiliki banyak varian warna yang siap menggoda lidah ENDEUSiast.

Itulah beberapa street food khas Jawa yang bisa ENDEUSiast coba ketika berkunjung ke Yogyakarta. Semua jajanan tersebut hanya bisa ENDEUSiast temukan di pasar tradisional saja karena sudah jarang yang menjualnya.

Endeustorial

Ikuti Instagram