Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mencicipi street food khas India cita rasanya berempah dengan rasa pedas hangat yang unik. Pastikan ada di list icip-icip ENDEUSiast kala melancong.

Citra rasa dari makanan India sebenarnya hampir sama dengan Indonesia. sama-sama memiliki rasa yang kompleks karena merupakan perpaduan antara ragam bumbu dan rempah dicampur dalam satu masakan. Jika menanyakan soal masakan India, pada umumnya mereka akan menjawab ayam tandoori atau kari. Kedua hidangan tersebut memang banyak dipilih oleh masyarakat India. Tidak hanya makanan utamanya saja yang bisa menggugah selera tetapi ada juga aneka street food yang bisa ENDEUSiast cicipi ketika berkunjung ke India. Daripada penasaran lebih baik lihat daftarnya di bawah ini.

1/ Golgappa

Bagi ENDEUSiast yang pernah menonton film Bollywood Dangal yang tayang tahun 2016 pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas India yang satu ini. Golgappa merupakan jajanan yang terbuat dari puri yang bagian atasnya dilubangi tapi tidak sampai ke dasarnya. Setelah dilubangi, lalu diisi dengan daun seledri, irisan bawang merah dan kuah bumbu. Ketika ENDEUSiast menyantapnya akan terasa sangat menyegarkan. Tradisi makan Golgappa di India adalah dengan cara menghabiskannya dalam satu kali suap beserta dengan kuah yang ada didalamnya. Jika ENDEUSiast memakannya dengan cara yang berbeda maka orang sekitar akan memperhatikanmu.

2/ Pakora

Tidak hanya Indonesia saja yang punya jajanan berupa gorengan. Di India juga ada gorengan yang disebut dengan Pakora . Gorengan khas India ini terbuat dari tepung terigu dan bayam lalu digoreng hingga matang. Pakora bisa ENDEUSiast santap secara langsung atau juga bisa dihidangkan bersama dengan saus green chutney . Meskipun sama-sama gorengan, tetapi pakora memiliki tekstur yang lebih garing bila dibandingkan dengan gorengan khas Indonesia.

3/ Momo

Momo atau yang dikenal dengan Indian dumpling ini memiliki 2 jenis isian yaitu isian daging ayam atau sayuran. Momo tidak hanya bisa ENDEUSiast temukan di India saja, berbagai negara terdekatnya seperti Tibet dan Nepal juga bisa ENDEUSiast temukan jajanan tersebut.

4/ Samosa

Jika di Indonesia jajanan yang satu ini disebut dengan kue pastel. Isian yang digunakan pada samosa cukup beragam, ada yang berupa kacang tanah, kacang polong hingga kentang. Di India, jajanan ini masuk dalam kategori jajanan khusus para vegetarian atau tanpa bahan hewani. Di negara lain samosa telah dimodifikasi sehingga muncul varian rasa berbeda dari yang dijual di India.

Jajanan lain yang bisa ENDEUSiast temukan di India adalah nasi biryani . Cukup mencoba di rumah agar bisa dinikmati bersama keluar atau sahabat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.