Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Steak daging menjadi lebih nikmat jika disantap dengan saus yang gurih, creamy ataupun asam. Apakah ENDEUSiast punya saus steak daging favorit?

Steak daging memang tidak lengkap bila tidak disajikan dengan saus. Saus yang biasanya disajikan dengan steak daging adalah brown sauce , barbeque sauce , creamy sauce , dan sebagainya. Selain menggunakan saus dasar, steak juga lezat dipadukan dengan saus fusion.

Saus fusion adalah saus perpaduan dengan masakan dari suatu negara. Meskipun tidak menggunakan saus asli, saus fusion ini juga sangat lezat dan rasanya berbeda dari yang lain. Berikut ini beberapa fusion sauce yang cocok untuk dipadukan dengan steak daging.

1/ Chimichurri Sauce

Selain namanya yang unik , Chimichurri saus biasanya membuat orang penasaran. Saus ini berasal dari Argentina. Ciri khas saus Chimichurri adalah saus tidak dimasak dan disajikan secara mentah. Bahan untuk membuat saus Chimichurri adalah parsley, oregano, bawang putih, white wine, dan sebagainya.

Cita rasa saus ini adalah rasa yang segar dan sedikit pedas. Bila dipadukan dengan steak daging, Saus ini bisa membuat rasa daging menjadi lebih segar dan lezat.

2/ Pesto Sauce

Hampir mirip dengan Chimichurri sauce, karena sama-sama berwarna hijau. Namun pesto sauce ini berasal dari Italia. Saus yang satu ini berwarna hijau dan biasanya digunakan untuk pasta.

Saus pesto ini dihasilkan dari campuran daun basil, minyak zaitun, kacang pistachio atau pine nut, dan keju parmesan. Menyajikan steak daging dengan saus pesto bisa jadi pilihan untuk ENDEUSiast yang ingin jenis saus lain, masalah rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasti Endeus!

3/ Saus Teriyaki

Saus teriyaki adalah salah satu saus populer dari Jepang. Saus ini biasanya digunakan untuk memasak hidangan seperti tumis ataupun untuk hidangan ayam dan ikan yang digoreng atau dipanggang. Namun agar tidak bosan, ENDEUSiast juga bisa menyajikan saus teriyaki dengan steak daging. Sekilas saus teriyaki ini mirip dengan saus blackpepper karena warnanya sama-sama hitam.

Saus teriyaki menggunakan bahan dasar shoyu, gula, dan cuka Jepang dengan perbandingan 1:1. Selain itu, saus teriyaki juga mempunyai aroma dan rasa jahe meski tidak terlalu tajam. Saus ini jadi pilihan tepat untuk ENDEUSiast yang ingin saus lain yang bercita rasa gurih.

4/ Saus Sambal Matah

Dari Indonesia, ada salah satu fusion saus untuk steak daging yang unik. Sambal matah adalah salah satu jenis sambal yang populer di Indonesia. Sambal yang satu ini biasanya digunakan untuk pelengkap ayam atau ikan goreng. Perpaduan steak daging dengan sambal matah ini memberikan cita rasa yang berbeda dari steak pada umumnya.

Bahan untuk sambal matah adalah sereh, daun jeruk. bawang merah, dan cabai merah yang semuanya diiris tipis dan disiram dengan minyak goreng panas dan perasan jeruk nipis. Rasa gurih, asam, dan segar dari saus sambal matah bisa membuat rasa steak daging lebih lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.