Soto ayam santan adalah salah satu variasi soto ayam nusantara. Agar soto tetap segar, ikuti tips berikut ini.

Soto ayam santan adalah salah satu variasi soto nusantara yang juga sangat digemari. Varian soto ayam dengan kuah santan ini merupakan makanan khas dari beberapa daerah seperti Lamongan yang terkenal dengan soto Lamongan.

Penggunaan santan pada kuah soto memberikan rasa gurih, creamy, dan kuah yang sedikit kental. Namun penambahan santan juga harus sesuai agar soto tidak menjadi eneg. Berikut ini beberapa tips membuat soto ayam kuah santan yang segar dan tidak eneg.

1/ Santan

Agar kuah soto menjadi sedap dan segar, sebaiknya gunakan santan yang dibuat dari kelapa asli. Dalam keadaan terdesak, ENDEUSiast memang bisa menggunakan santan instan tapi rasa santan asli lebih gurih dan ada rasa manis alami yang sedap.

Pilihlah kelapa yang tua dengan daging tebal untuk mendapatkan santan yang banyak. Kupas kulit luar kelapa agar santan yang dihasilkan bisa putih bersih. Santan yang sudah diperas sebaiknya langsung digunakan atau bisa disimpan dalam freezer. Bila ingin mengurangi lemak, ENDEUSiast bisa mengganti santan dengan susu rendah lemak.

2/ Kaldu

Salah satu kunci kelezatan soto terletak pada kaldu yang digunakan. Kaldu ayam untuk kuah soto bisa dibuat dari rebusan tulang dan sayap ayam. Gunakan ayam kampung betina agar rasa kuah kaldu semakin lezat. ENDEUSiast bisa menggunakan satu ekor ayam utuh yang dipotong menjadi empat bagian atau hanya menggunakan bagian dada dan paha saja.

Rebus ayam dengan air mendidih selama 5 menit atau hingga kotorannya keluar. Buang air rebusan dan ganti dengan air mendidih. Rebus kembali ayam dengan api kecil hingga kaldunya keluar.

3/ Bumbu

Setelah kaldu ayam sudah siap, masukkan bumbu halus yang sudah ditumis hingga tanak. Untuk bumbu soto ayam santan, ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu soto ayam kuning yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, jahe, daun jeruk, dan serai. Tumis bumbu hingga berbulir halus dan tidak ada aroma rempah mentah.

4/  Bahan Pelengkap

Soto ayam santan lebih sedap disajikan dengan beberapa bahan pelengkap seperti sun dan tauge. Seduh semua bahan pelengkap dengan air mendidih hingga lunak tiriskan. Bila suka tambahkan irisan telur rebus dan taburan bawang goreng agar lebih sedap.

5/ Suwiran Ayam

Ada dua cara menyajikan suwiran ayam untuk soto ayam santan. Pertama ENDEUSiast bisa menggoreng daging ayam sebentar sebelum disuwir. Kedua, ENDEUSiast bisa langsung menyuwir daging ayam setelah direbus. Agar suwiran ayam lebih rapi, ENDEUSiast bisa menggunakan pisau tipis yang tajam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.