Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Daging sosis khas negara benua biru tak hanya bulat lonjong, namun memiliki ragam rasa unik.

Salah satu olahan daging yang paling banyak digemari adalah sosis. Makanan yang satu ini berbahan dasar daging yang diolah sedemikian rupa hingga berbentuk lonjong dan panjang. Sosis ini dibuat dari berbagai macam daging seperti daging sapi, domba, babi, dan ayam yang diisikan ke dalam usus hewan ataupun cangkang sosis buatan yang bisa dimakan. Sosis ini adalah salah satu cara untuk mengawetkan daging agar bisa tahan lama. Berikut ini beberapa variasi sosis yang populer di Eropa.

1/ Loukaniko

Loukaniko adalah salah satu sosis khas yang berasal dari Yunani. Sosis Yunani ini mempunyai tampilan yang menarik dan berwarna karena dibuat dari bahan yang bervariasi seperti daging domba atau babi. Selain itu, sosis ini juga menggunakan bumbu-bumbu aromatik seperti oregano , thyme, kulit jeruk orange, bawang putih, dan sebagainya. Disamping menggunakan daging, sosis ini juga menggunakan buah jeruk dan anggur sehingga rasanya lebih bervariasi.

2/ Lukanka

Lukanka salah satu olahan daging yang berasal dari Bulgaria. Berbeda dengan sosis daging kebanyakan, lukanka ini mempunyai bentuk silinder pipih dengan warna merah kecoklatan. Bagian atasnya biasanya ditutupi jamur putih. Sosis ini biasanya dibuat dari campuran daging sapi muda, daging babi, rempah-rempah, dan sebagainya. Rasa lukanka ini juga cukup unik karena rasanya pedas. Lukanka biasanya digantung pada tempat dengan ventilasi baik selama 40-50 hari.

3/ Bratwurst

Bratwurst adalah salah jenis sosis yang populer di Jerman. Sosis ini paling banyak diekspor ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Bratwurst ini mempunyai bentuk yang sama dengan sosis daging pada umumnya namun ukurannya lebih besar. Daging yang biasanya digunakan untuk sosis bratwurst adalah daging sapi, domba, kalkun, dengan beberapa rempah-rempah.

4/ Chorizo

Chorizo adalah salah satu sosis yang berasal dari Semenanjung Iberia dan populer di Spanyol dan Portugal. Sosis ini biasanya disebut chorizo di Spanyol dan chourico di Portugal dengan ciri khas aroma asap dan juga warnanya yang merah tua. Chorizo ini biasanya dipanggang, direbus, ataupun digoreng terlebih dahulu sebelum digunakan untuk isian sandwich.

5/ Cervelat

Salah satu olahan daging yang populer di Swiss adalah cervelat . Sosis daging ini dibuat dari campuran daging sapi, daging babi asap, dan juga kulit babi. Bahan-bahan yang digunakan untuk cervelat ini memberikan tekstur yang agak kasar. Proses pemasakan sosis ini juga cukup unik karena diasap terlebih dahulu sebelum direbus hingga matang. Bumbu yang digunakan untuk cervelat adalah bumbu sederhana yaitu ketumbar dan lada putih.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.