Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Menyimpan seafood adalah perkara yang kerap disepelekan. Salah simpan bisa mempengaruhi rasa dan kualitas. Berikut cara menyimpan seafood yang benar.

Seafood adalah salah satu makanan dengan nilai gizi yang tinggi. Sama dengan makanan lain, seafood juga bisa disimpan atau dibekukan dalam freezer agar bisa lebih awet. Menyimpan seafood tidak boleh dilakukan sembarangan karena jenis makanan ini sangat mudah terkontaminasi ataupun menyebarkan bakteri ke makanan lain. Agar tidak salah, berikut ini beberapa cara yang benar menyimpan seafood agar lebih awet.

Potong Seafood dan Ikan

Sebelum menyimpan seafood , sebaiknya seafood dan ikan dibersihkan terlebih dahulu. Bersihkan ikan dari kotoran dan sisiknya. Untuk kerang dengan cangkang juga sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam air garam untuk menghilangkan kotorannya. Cumi-cumi juga sebaiknya dihilangkan plastik dan juga kotorannya ataupun tintanya bila diperlukan. Setelah seafood dibersihkan, ENDEUSiast bisa memotongnya sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Memotong seafood akan mempermudah penyimpanan karena ENDEUSiast bisa lebih mudah menatanya dalam wadah kedap udara.

Pisahkan Berdasarkan Jenisnya

Salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika menyimpan seafood adalah memisahkan seafood berdasarkan jenisnya. Jangan menyimpan berbagai jenis seafood dalam satu wadah karena setiap seafood mempunyai masa simpan yang berbeda. Sehingga satu jenis seafood bisa mempengaruhi seafood yang lain. Misalnya cumi-cumi yang bertinta bisa membuat seafood lain juga berwarna hitam dan penampilannya menjadi kurang bagus. Siapkan wadah terpisah untuk menyimpan seafood dan simpan berdasarkan jenisnya.

Beri Taburan Garam dan Perasan Jeruk Nipis

Selain untuk memberi rasa, taburan garam dan perasan jeruk nipis membantu mengurangi aroma amis pada seafood . Letakkan perasan jeruk nipis atau irisan jeruk lemon ke dalam kotak penyimpanan seafood agar aromanya tidak amis. Selain itu, jeruk nipis atau jeruk lemon juga membantu bau amis agar tidak menyebar ke dalam freezer . ENDEUSiast juga bisa merendam seafood dalam bumbu marinasi agar rasanya lebih meresap dan tidak amis.

Kemas dalam Wadah Tertutup

Selain menyimpan seafood berdasarkan jenisnya, wadah yang digunakan juga harus menggunakan tutup yang rapat. Menggunakan wadah dengan tutup yang rapat membantu bau ikan tidak menyebar dalam kulkas. Selain itu, wadah tertutup juga membantu mencegah air dari seafood merembes ke dalam kulkas.

Pisahkan Penyimpannya dalam Freezer

Bila seafood disimpan dalam freezer , sebaiknya pisahkan penyimpanannya. Jangan mencampurkan penyimpanan ikan atau seafood dengan penyimpanan makanan lain seperti es krim , nugget , dan sebagainya. Jangan mencampurkan bahan makanan beku mentah dan makanan beku siap saji di dalam freezer untuk mencegah kontaminasi.

Meskipun terkesan ribet, namun cara menyimpan seafood memang harus benar. Dengan penyimpanan yang benar, seafood bisa tetap aman untuk dinikmati dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya