Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kulkas biasanya menjadi tempat untuk menyimpan berbagai sayuran untuk menjaga kesegarannya. Nyatanya tidak untuk beberapa sayuran berikut ini, loh.

Saat ini, hampir seluruh rumah memiliki kulkas untuk menyimpan bahan makanan, makanan ringan, minuman dan makanan yang tidak habis dimakan. Masyarakat menggunakan kulkas karena kulkas berfungsi untuk mendinginkan makanan dan membuat makanan lebih tahan lama.

Akan tetapi, tidak semua makanan bisa ditaruh ke dalam kulkas. Beberapa makanan jika disimpan di kulkas justru akan mengurangi kandungan gizi dalam makanan tersebut, mempercepat pembusukan, dan membuat makanan lain yang ada di kulkas cepat membusuk. Berikut ini sayur yang sebaiknya jangan disimpan di kulkas.

1/ Kemangi

Sebagian besar pati menyimpan sayuran di kulkas supaya tetap segar. Bahkan kulkas juga memiliki tempat tersendiri untuk menyimpan sayur. Akan tetapi tidak semua sayur bisa di simpan di dalam kulkas misalnya kemangi. Daun kemangi akan berubah warna menjadi kehitaman jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius.

2/ Kentang

Menyimpan makanan di kulkas ternyata juga dapat mengubah rasa misalnya kentang. Jika kita memakan kentang yang disimpan di dalam kulkas akan terasa memakan pasir karena jika kentang disimpan pada suhu kurang dari 7 derajat celcius maka kandungan pati pada kentang akan berubah menjadi zat gula. Sebaiknya simpan kentang pada suhu ruangan dan dibungkus menggunakan kertas. Jangan simpan kentang pada tempat yang terkena sinar matahari karena jika kentang terpapar sinar matahari maka kentang akan menjadi pahit dan kulit kentang berubah menjadi hijau.

3/ Bawang merah

Menyimpan bawang merah sebaiknya jangan di kulkas melainkan pada suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari dan sama seperti kentang, sebaiknya bawang merah disimpan dengan cara dibungkus dengan kertas. Bawang merah memerlukan tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga kulkas bukanlah tempat yang tepat. Udara yang lembab pada kulkas akan membuat bawang merah ditumbuhi jamur. Ada beberapa tips supaya bawang merah tidak cepat busuk . Jika ENDEUSiast tetap ingin menyimpan bawang merah di kulkas, maka kupas bawang dan potong-potonglah bawang terlebih dahulu.

4/ Tomat

Beberapa orang mungkin akan menyimpan tomat di kulkas supaya tetap terlihat segar. Akan tetapi, menyimpan tomat di dalam kulkas justru tidak baik bagi tomat. Kandungan gizi di dalam tomat akan berkurang jika disimpan di dalam kulkas. Selain itu, tomat akan terlihat berkerut dan berwarna pucat jika dimasukan ke dalam kulkas karena udara sejuk di dalam kulkas akan menghancurkan membran dalam dinding tomat.

5/ Labu

Sama seperti bawang merah, sebaiknya labu disimpan pada tempat yang kering, memiliki suhu ruangan dan di tempat yang gelap. Sebaiknya simpan labu pada rak lemari atau pada bawah meja. Jika labu disimpan di kulkas maka labu akan cepat busuk.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.