Simak Tips Ini Sebelum Menggunakan Kacang untuk Kue Lebaran
Simak Tips Ini Sebelum Menggunakan Kacang untuk Kue Lebaran

Jangan salah, begini cara mengolah kacang untuk kue lebaran.

Kacang adalah salah satu bahan yang sering digunakan sebagai tambahan untuk kue lebaran seperti kue kacang , kue putri salju, dan sebagainya. Penambahan kacang ini untuk menambah rasa gurih dan memperkaya tekstur pada kue.

Selain itu, kacang juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Menambahkan kacang sebenarnya bukan hal yang susah, namun bila ada kesalahan akan membuat kue terasa pahit atau gosong. Agar kue dengan kacang nggak terasa pahit dan tampilannya tetap bagus, kita bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pilih kacang berkualitas

Langkah paling awal adalah memilih kacang yang berkualitas. Rasa kacang memang ditentukan oleh kualitasnya, sehingga harus menggunakan kacang yang bagus. Jenis kacang yang bisa digunakan untuk kue lebaran adalah kacang tanah, kacang almond, kacang mede, dan lainnya.

Apapun jenis kacang yang dipilih, usahakan untuk memilih kacang yang berkualitas baik, nggak apek, dan bentuknya masih bagus. Hindari memilih kacang yang bentuknya keriput dan ada noda hitam di permukaanya karena biasanya kacang tersebut rasanya pahit.

Agar memudahkan ketika memasak, sebaiknya pilih kacang yang sudah dikupas. Kacang yang masih terbungkus kulit ari harus dikupas terlebih dahulu secara manual dengan menggunakan air hangat.

2. Olah kacang mentah terlebih dahulu

Sebelum kacang ditambahkan ke dalam adonan kue, sebaiknya kacang sudah disangrai hingga matang. Jangan menambahkan kacang yang masih mentah ke dalam adonan kue karena akan menyebabkan rasanya menjadi kurang enak dan kue nggak tahan lama.

Kita bisa mengolah kacang mentah dengan cara disangrai atau dipanggang. Apapun metode yang digunakan, sebaiknya gunakan api yang kecil dan kacang selalu diaduk agar kacang tidak cepat gosong.

Mengolah kacang juga sebaiknya nggak terlalu matang karena nantinya kacang akan dipanggang lagi bersama dengan kue. Segera angkat kacang bila warnanya sudah agak kecokelatan agar warna kue juga tetap cantik.

3. Dinginkan kacang sebelum digunakan

Bila kacang sudah selesai disangrai atau dipanggang, dinginkan kacang dengan cara diangin-anginkan. Kita bisa meletakkan kacang pada wadah datar agar bisa dingin merata. Hindari mencampur kacang yang masih panas ke dalam adonan kue karena akan membuat tekstur kue menjadi nggak renyah.

4. Hancurkan kacang

Bila diperlukan, kacang bisa dicincang sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Kacang yang dicincang dengan kasar akan menyebabkan tekstur kue menjadi renyah. Kita bisa mencincang kacang secara manual dengan menggunakan lumpang atau pisau biasa sesuai dengan tekstur yang diinginkan.

Namun bila ingin kue kacang dengan rasa yang gurih, kita bisa menghaluskan kacang hingga seperti selai kacang. Gunakan food processor atau blender dry mill untuk menghaluskan kacang. Kacang bisa dihaluskan hingga benar-benar lumat dan mengeluarkan minyak.

Selamat mencoba.

Endeustorial

Ikuti Instagram