Mebahas soal sambal memang tidak ada habisnya. Makanan yang memberikan rasa pedas ini sudah menjadi hidangan favorit masyarakat Indonesia.

Rasanya bukan orang Indonesia namanya bila belum pernah sama sekali mencicipi pedasnya sambal. Sambal bisa dikatakan sebagai hidangan wajib ada di setiap makanan bagi masyarakat Indonesia. Kurang lengkap rasanya bila makan tidak pakai sambal. Ada banyak sekali variasi sambal bahkan setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.

Kini, bahkan ada kreasi sambal yang unik yaitu sambal gledek yang katanya bisa bikin ENDEUSiast terasa jeder di dalam lidah.

Dikatakan sambal gledek karena berdasarkan dari bahan baku sambalnya itu sendiri. Untuk membuat sambal gledek dibutuhkan sekitar 30 cabai rawit segar. Jadi bisa dibayangkan betapa pedasnya. Maka tidak heran bila disebut sambel gledek. Bila ENDEUSiast penasaran dan ingin merasakan sensasi pedas dari sambel gledek, mari kita simak resep dibawah ini.

Bahan-bahan Sambal Gledek:

30 buah cabai rawit segar

6 siung bawang merah

7 siung bawang putih

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Penyedap rasa

Minyak goreng

Cara membuat sambal gledek:

Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Lalu siapkan wajan berisi minyak panas dan tumis bawangnya hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan berbau harum.

Selanjutnya adalah ulek cabai rawitnya, tidak perlu sampai halus. Jika ingin praktis, ENDEUSiast bisa menggunakan blender dan tambahkan sedikit minyak goreng agar cabai rawit bisa tergiling dengan mudah.

Kemudian tumis cabai rawit yang telah diulek atau diblender kasar beserta bawang merah dan putihnya tadi. Aduk terus sampai minyaknya naik keatas. Tips agar sambel gledek ENDEUSiast tahan lama adalah gunakan minyak yang banyak. Semakin banyak minyak maka sambal akan matang merata dan tentunya tidak akan mudah basi.

Sembari diaduk, masukkanlah garam, gula dan penyedap rasa agar sambal gledeknya memiliki citra rasa yang kuat.

Setelah matang, diamkan sebentar hingga dingin. Lalu ENDEUSiast bisa letakkan di wadah atau dimasukkan ke dalam toples bila ingin menyimpannya untuk jangka waktu yang lama.

Untuk penggunaan cabai bisa disesuaikan dengan selera pedasnya. Bila ingin mencoba sambal lainnya seperti sambal goreng cumi asin bisa klik di sini . ENDEUSiast bisa mencampurkan sambal gledek ke bahan olahan lainnya seperti ayam atau ikan. Dijamin rasanya bakal makin jeder di lidah ENDEUSiast.

Gimana? Makin tertarik untuk bereksperimen. Cobalah sekarang dan nikmati bersama keluarga maupun kerabat. Pastikan mereka semua penggemar sambal ya. Nah, itulah tadi resep sambel gledek yang bisa bikin jeder dan ketagihan karena rasanya yang super pedas. Selamat mencicipi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.