Semur Tahu yang Tidak Kalah Lezat
Semur Tahu yang Tidak Kalah Lezat

Semur merupakan salah satu kuliner nusantara yang memiliki citra rasa manis. Semur bisa dikreasikan dengan bahan apa saja salah satunya adalah tahu.

Bagi ENDEUSiast pecinta makanan kuliner nusantara pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya semur. Hidangan asli Indonesia ini biasanya menggunakan daging atau ayam sebagai bahan utama. Kelezatan semur didapat dari kuah manis yang diolah menggunakan kecap manis dan bumbu rempah-rempah lainnya.

Jika ENDEUSiast bosan dengan varian semur daging atau ayam maka pilihan lainnya adalah membuat semur tahu. Empuknya tahu serta rasa manis yang menyerap hingga ke dalam memberikan kelezatan tiada dua. Dibalik teksturnya yang empuk, tahu memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Mendapatkan nutrisi yang cukup tidak perlu makanan mahal. Tahu bisa menjadi alternatif bahan masakan semur ENDEUSiast. Harganya yang murah membuat tahu cukup banyak dipakai untuk hampir semua jenis olahan kuliner nusantara. Tertarik membuatnya? Mari kita simak tips membuat semur tahu yang tidak kalah lezat.

Pertama-tama yang harus ENDEUSiast lakukan adalah mencuci tahu sampai bersih. Namun, hati-hati ketika mencuci jangan sampai tahu hancur ya. Ini berlaku untuk tahu putih karena rentan sekali hancur. Lebih amannya ENDEUSiast bisa memilih tahu coklat karena teksturnya yang lebih padat dan tidak mudah hancur. Cocok juga dijadikan untuk semur tahu.

Setelah itu barulah tahu dipotong dadu atau biarkan dengan ukuran normal dan mulai menggoreng. Cukup menggoreng sampai setengah matang saja karena nantinya akan dimasak lagi. Tujuan dari menggoreng tahu adalah agar tidak hancur pada saat dimasak.

Tips agar bumbu semur bisa meresap sampai ke dalam tahu adalah ketika memasak gunakanlah api kecil. Memang proses memasak akan memakan waktu yang agak lama tapi setidaknya bumbu akan lebih resap merata. Jika ENDEUSiast menggunakan api besar memang masakan akan cepat matang tapi rasa dan bumbu dari semur tidak akan bisa menyerap ke dalam tahu.

Untuk tingkat kemanisan semur bisa disesuaikan dengan selera. ENDEUSiast juga bisa menambahkan beberapa potongan cabai bila ingin rasanya ada pedas atau buatlah sambal sebagai teman makan semur. Hidangkan semur tahu bersama dengan nasi panas dijamin rasanya selezat dengan semur isi daging maupun ayam. Jangan lupa untuk menaburkan bawang goreng diatasnya agar rasanya semakin lezat. Dijamin ENDEUSiast bakal lahap memakannya.

Setelah sukses mengolah semur tahu di rumah, ENDEUSiast bisa mengkreasikan bahan lainnya untuk dijadikan semur seperti semur kecap tahu telur atau semur bola daging telur puyuh . ENDEUSiast tertarik untuk membuat yang mana? Apapun pilihanmu ledua hidangan tersebut sama enaknya dengan semur tahu yang telah dibuat. Hal terpenting adalah jangan lupa untuk menggunakan kecap manis karena bahan itu sebagai dasar dalam membuat semur. Selamat mencobanya di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram