Selain Sate Kambing, Ini Macam-Macam Sate Untuk Pesta Barbeque
Selain Sate Kambing, Ini Macam-Macam Sate Untuk Pesta Barbeque

Selain Sate Kambing, Ini Macam-macam Sate untuk Pesta Barbeque

Inspirasi sate kekinian tak kalah lezat dari sate ‘jadul’, berikut inspirasi yang bisa diolah saat barbeque party

Salah satu varian sate yang populer untuk barbeque adalah sate kambing. Namun kalau bosan dengan sate kambing, barbeque juga bisa dibuat dari bahan-bahan yang lain. Daging ayam, daging sapi, hingga bakso dan sosis bisa dijadikan bahan untuk sate. Berikut ini beberapa variasi sate yang bisa digunakan untuk pesta barbeque.

1/ Sate Ayam

Sate ayam adalah salah satu varian sate yang populer. Proses memasak yang mudah, bahan yang mudah didapat dan harga yang murah membuat sate ayam favorit banyak orang. ENDEUSiast bisa menggunakan daging ayam bagian dada agar lebih mudah diiris dan ditusuk. Sate ayam biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau kecap. Namun kalau ENDEUSiast ingin sate ayam yang beda, ENDEUSiast bisa membuat sate ayam taichan yang disajikan dengan sambal.

2/ Sate Daging Sapi

Sate daging sapi mungkin tidak terlalu populer dibanding dengan daging kambing. Padahal daging sapi juga bisa dijadikan bahan sate yang lezat. Agar daging tidak keras, gunakan bagian daging has dalam. Potong dadu dengan ukuran sedang dan tusuk pada tusuk sate, Rendam daging dalam bumbu selama beberapa menit kemudian panggang. Jangan memanggang sate daging sapi terlalu lama karena nanti sate bisa menjadi alot dan tidak juicy.

3/ Yakitori

Yakitori adalah sate khas Jepang yang bisa menjadi alternatif sajian sate untuk pesta barbeque. Sate ini bisa menggunakan daging ayam, udang, ataupun ikan. Salah satu ciri yakitori adalah daging ditusuk dengan selingan daun bawang sehingga aromanya menjadi harum. Untuk membuat yakitori, ENDEUSiast bisa membuat olesan kecap asin agar rasanya gurih dan lezat.

4/ Shashlik

Shashlik adalah sate yang yang berasal dari Timur Tengah. Sate yang satu ini menggunakan tusukan sate yang panjang atau tusukan dari besi. ENDEUSiast bisa menggunakan daging sapi ataupun daging ayam untuk membuat shashlik ini. Diantara tusukan daging, ENDEUSiast bisa menyelipkan sayuran seperti bawang Bombay, paprika, dan tomat sehingga rasa daging semakin lezat.

5/ Sate Bakso dan Sosis

Bakso dan sosis juga bisa menjadi salah satu alternatif bahan untuk sate. Dua makanan ini mempunyai rasa yang lezat dan banyak disukai anak-anak. ENDEUSiast bisa membuat sate bakso dan sosis dengan diselang-seling sayuran agar lebih sehat.

6/ Sate Jamur

Sate untuk pesta barbeque tidak harus melulu menggunakan daging, seafood, ataupun olahannya. ENDEUSiast juga bisa membuat sate dari jamur dengan sensasi rasa yang sama dengan daging. Gunakan jamur dengan ukuran besar seperti king oyster mushroom atau Portobello agar mudah ditusuk dan tidak rapuh.

Endeustorial

Ikuti Instagram