Merica adalah salah satu rempah yang paling diminati di dunia. Ternyata ada beberapa jenis merica lain yang unik dan juga banyak diminati.

Teman dari garam, merica adalah salah satu jenis rempah yang sangat diminati di dunia. Bahkan dahulu merica adalah salah satu alasan penjajah datang ke Indonesia karena ingin menguasai rempah yang satu ini. Tidak heran bila merica menjadi sangat diminati karena merupakan salah satu rempah serbaguna yang bisa digunakan untuk masakan, kue-kue, hingga pengobatan.

Merica yang selama ini dikenal luas adalah merica hitam dan putih. Selain itu, ada jenis merica lain yang unik dengan rasa yang tidak kalah sedap.

1/ Merica Hijau

Merica hijau adalah biji merica termuda yang belum diolah menjadi merica hitam atau putih. Merica ini sering dijual dalam bentuk rendaman cuka atau air garam daripada dalam bentuk segar. Jenis merica ini sering digunakan untuk campuran saus dalam masakan barat.

2/ Pink Pepper

Pink pepper adalah salah satu rempah yang berasal dari Brasil. Bentuk dan aroma pink pepper ini memang mirip dengan merica namun ternyata bukan berasal dari keluarga merica. Pink pepper ini memberikan rasa manis dan asam yang cocok digunakan untuk masakan saus dan ikan.

3/ Merica Sichuan

Merica Sichuan atau Sichuan pepper adalah salah satu rempah tertua yang ada di Tiongkok. Merica ini merajai daftar bahan di pengobatan tradisional Tiongkok, Jepang, dan India. Di Indonesia sendiri, merica Sichuan juga dikenal sebagai andaliman atau merica Batak. Sebagai bumbu masak. merica Sichuan bisa langsung digunakan sebagai penyedap ataupun sebagai salah satu campuran bubuk ngo hiong. Agar aroma merica Sichuan lebih kuat, merica ini harus disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan.

4/ Kemukus

Kemukus biasa juga dikenal sebagai merica ekor atau cubeb. Rasa dari merica ini agak pahit dan pedas. Kemukus biasanya digunakan untuk obat tradisional Jawa dan juga obat Cina. Sebagai bumbu masakan, kemukus bisa digunakan untuk masakan ikan, daging, dan sayuran.

5/ Cabai Puyang

Cabai puyang atau yang disebut juga dengan long pepper ini sudah diperdagangkan hingga ke Timur Tengah pada sebelum Masehi. Bentuk cabai puyang ini mirip dengan cabai namun rasa dan sensasi pedasnya lebih lembut daripada merica hitam. Cabai puyang ini biasanya digunakan untuk membumbui acar dan gulai.

6/ All Spice

All spice ini ditemukan di Kepulauan Karibia oleh Columbus. Awalnya all spice ini dikira sebagai merica. Rempah yang dikenal sebagai merica Jamaika ini mempunyai rasa dan aroma yang manis tapi tipis. Di Eropa, all spice ini digunakan untuk biskuit rempah dan cake, di Timur Tengah serta india, all spice digunakan sebagai sup, roti, dan stew .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.