Tidak hanya es buah, ada banyak lagi minuman menyegarkan yang bisa menghilangkan dahaga. Paling nikmat disantap saat terik di siang hari.

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki beragam buah-buahan yang dapat tumbuh subur di tanah nusantara. Buah-buahan tropis dapat dijumpai dengan mudah di Indonesia, mulai dari pisang, pepaya, nanas, salak, melon, durian, apel, jeruk, semangka, hingga manggis dan kelengkeng.

Aneka buah tropis ini juga memicu masyarakat untuk berkreasi membuat berbagai minuman atau makanan dari bahan utama buah. Contohnya adalah es buah., salah satu menu buka puasa yang wajib ada.

Berikut adalah daftar es nusantara beserta daerah asalnya :

1/ Es Doger

Es Doger berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Es yang kerap dijumpai di sekolah-sekolah ini berbahan dasar santan kelapa dan biasanya diisi dengan tape, ketan hitam, potongan kecil buah alpukat, kelapa muda, potongan roti tawar serta sagu mutiara atau monte. Kata “Doger” sendiri berasal dari “Dorong Gerobak” yang disingkat menjadi doger. Memang pada umumnya, Es Doger dijual keliling dengan gerobak.

2/ Es Dawet / Es Cendol

Es Dawet berasal dari daerah Banjarnegara, Jawa Tegah dan dari Sunda. Jika di Jawa Tengah es ini disebut es Dawet, di Jawa Barat, es ini disebut Es Cendol. Es yang tersebar di hampir seluruh Indonesia ini terdiri dari cendol atau dawet yang berasal dari tepung beras yang diolah dengan tambahan pewarna hijau daun suji dan disajikan dengan santan serta gula jawa. Tidak hanya warna hijau, kini dawet juga dijumpai dengan warna merah muda, putih bahkan ada juga Es Dawet Ireng, di mana warna hitam didapat dari merang.

3/ Es Teler

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan Es Teler. Minuman populer yang dijual di kaki lima hingga di restoran ini berasal dari Kabupaten Sukoharjo, diciptakan oleh Ibu Samijem Darmo Putro pada tahun 1957 dan diresmikan sebagai es khas Sukoharjo pada tahun 2005. Nama es teler sendiri berasal dari seorang pengunjung yang mengatakan “Esnya bikin teler”. Es teler yang berhasil membuat pengunjung teler ini berbahan dasar susu kental manis, buah apel, anggur, semangka, alpukat, nangka, dan kelapa.

4/ Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Tentu sudah dapat ditebak, mengapa dinamakan es pisang ijo. Ya, es ini disebut es pisang ijo karena terdapat buah pisang yang dilapisi tepung berwarna hijau di dalamnya. Selain pisang ijo, ada pula bubur sumsum, ketan hitam dan sagu mutiara yang dipadukan dengan sirup. Es Pisang Ijo telah tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

5/ Es Nona

Es Nona adalah minuman yang berisi potongan buah pepaya, tape, kacang merah dan dipadukan dengan susu kental manis. Pepaya yang dimasukkan dalam es, telah terlebih dahulu direndam dengan air kapur sirih sehingga sangat renyah saat dimakan. Konon katanya, nama Es Nona berasal dari seorang perempuan penjual es yang kerap disapa dengan panggilan “Nona”. Es ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.