Mari kita cari tau sejarah nastar hingga menjadi salah satu sajian kue kering wajib di Hari Raya Idul Fitri.

Nastar adalah kue kering yang merupakan sajian wajib saat Hari Raya Idul Fitri. Kalo ketupat adalah makanan berat khas Lebaran, yang satu ini adalah kue keringnya sebagai camilan enak saat kumpul bersama keluarga.

Ternyata siapa sangka kue nastar adalah kue yang awalnya berasal dari Belanda. Di Indonesia kue ini dikenalkan oleh orang-orang Belanda. Penamaan nastar juga bukan tanpa alasan; merupakan gabungan dari kata ananas dan taart yang berarti nanas dan kue/ tart.

Makanya kue kering ini udah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dulu pada kolonial Belanda tepatnya.

Dibuatnya menggunakan terigu, mentega, gula, dan telur. Lalu dibentuk menjadi bulat-bulat kecil dan diisi dengan selai nanas. Ternyata nastar itu terinspirasi dari kue pie asal Eropa dengan memiliki isian apel, stroberi, atau blueberry.

Sayangnya buah-buah tersebut cukup sulit untuk didapat apalagi di negara tropis seperti di Indonesia, akhirnya dipilih buah yang memiliki rasa yang mirip dengan buah-buahan tersebut. Jadilah dipilih buah nanas sebagai buah penggantinya untuk membuat nastar.

Agar lebih mudah dikonsumsi dibuat menjadi bentuk bulat-bulat kecil yang bisa sekali makan alias langsung dicaplok.

Selain itu awalnya nastar hanya dibuat saat ada perayaan-perayaan saja. Lalu dikonsumsi oleh para bangsawan dan orang-orang yang punya banyak uang saja. Tapi sekarang resep ini telah menyebar ke semua lapisan masyarakat sehingga siapapun bisa menikmati sajian kue kering yang lezat ini.

Meski begitu ciri khas nastar sebagai kue khas perayaan Hari Raya dan hari-hari besar tetap melekat. Ternyata meski identik dengan Hari Raya Lebaran dan Natal, nastar juga menjadi sajian ketika tahun baru Imlek datang.

Nastar juga memiliki filosofi di balik bentuk dan warnanya yang kuning dan emas di bagian atasnya. Karena melambangkan kemakmuran, sedangkan isinya yang manis dari nanas melambangkan rezeki yang manis.

Itulah sejarah kue nastar yang menjadi sajian wajib saat Hari Raya Idul Fitri. Nah, karena Lebaran udah sebentar lagi, apakah kue nastar udah ada di rumahmu? Atau udah menyiapkan membuat kue nastar?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.