Nasi goreng sudah tercipta sejak ratusan tahun lalu. Berasal dari negara China, kini nasi goreng selalu bisa menjadi alat politik yang ampuh.

Kemarin, menjadi salah satu catatan sejarah bagi politik di Indonesia. Adalah bertemunya dua tokoh politik terkenal di negara kita. Menjadi semakin berarti, karena kedua partainya baru aja bersaing dalam pemilu presiden di tahun 2019 ini.

Megawati menjamu Prabowo di kediamannya kemarin di Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat. Prabowo datang ditemani Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo. Yang menarik untuk dibahas adalah jamuan yang disiapkan oleh Ketua Umum PDIP tersebut ke Prabowo, nasi goreng.

Konon, nasi goreng buatan Megawati memiliki rasa yang enak banget. Prabowo bahkan udah merindukan nasi goreng buatannya. Hal ini diketahui dari orang terdekat Prabowo yang mengatakan ke Megawati kalau mantan pasangannya ketika maju sebagai Presiden dan Wakil Presiden tahun 2009 lalu, sudah merindukan nasi goreng buatannya, seperti yang dikutip dari Kompas.com, pada 7 Januari lalu.

Hal ini ternyata langsung diakui oleh Prabowo setelah pertemuan dengan Megawati mengatakan “Ibu Mega memenuhi janjinya (untuk) masak nasi goreng untuk kami. Luar biasa (enaknya) nasi goreng buatannya, saya sampai nambah padahal beliau udah mengingatkan saya untuk diet,” ujar Prabowo saat konferensi pers.

Ini bukan kali pertama tokoh politik besar di Indonesia menyukai nasi goreng buatan Megawati. Gus Dur ternyata juga sering mampir ke kediaman Mega untuk menyicipi nasi goreng buatannya.

Megawati menjelaskan akan politik nasi goreng yang ampuh untuk menaklukan hati pria. “Untunglah kalau seorang perempuan, pemimpin, dan politisi rupanya ada bagian yang sangat mudah meluluhkan hati laki-laki. Itu namanya politik nasi goreng yang ternyata ampuh.”

Menarik melihat hubungan antara nasi goreng dengan politik di Indonesia. Di tahun 2016, giliran Prabowo yang menyajikan nasi goreng untuk Jokowi ketika berkunjung ke Hambalang, tempat kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut.

Juga ada tokoh politik lain, SBY yang pernah menyiapkan menu yang sama ketika bertemu dengan Prabowo di tahun 2017 lalu.

Nasi goreng sendiri telah ada sejak bertahun-tahun lalu dari negara China. Karena merasa mubazir dengan kebiasaan membuang-buang nasi bekas, akhirnya diolah kembali dengan cara digoreng.

Agar memiliki rasa yang enak, ditambahkan berbagai bumbu serta isi sehingga menyantap nasi goreng menjadi berbeda dari menyantap nasi biasanya.

Di Indonesia sendiri nasi goreng dikenalkan ketika masyarakat China masuk ke Indonesia. Ada yang berbeda dari asalnya, karena dibuat menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di sini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.