Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Minuman segar memang enak banget buat disajikan ketika berbuka puasa. Udah coba es kuwut khas dari Bali sebagai menu berbuka puasa?

Setelah berpuasa seharian menahan haus rasanya memang enak bila berbuka dengan minuman segar. Salah satu minuman yang bisa kita pilih karena mudah dibuat di rumah adalah es kuwut khas Bali. Bila dilihat sekilas, tampilan es kuwut ini mirip seperti es timun.

Es kuwut telah banyak dijadikan sebagai menu takjil populer bagi masyarakat Bali. ‘Kuwut’ sendiri memiliki arti kelapa dalam bahasa Bali. Ya, memang bahan utama pembuatan es kuwut adalah kelapa muda.

Maka nggak heran bila masih banyak yang menyangka bahwa es kuwut merupakan es kelapa biasa. Tetapi sebenarnya kedua minuman tersebut memiliki perbedaan pada isinya.

Isi es kuwut nggak hanya kelapa muda aja namun ada juga tambahan buah lain seperti melon, jeruk nipis dan biji selasih. Dari bahan-bahan yang udah disebutkan, kita bisa membuat sendiri es kuwut di rumah. Tetapi sebelumnya, kita juga perlu tau sisi menarik lainnya dari sajian es ini.

Mungkin bagi sebagian orang, es kuwut masih terdengar asing karena di beberapa daerah cukup jarang ditemukan. Biasanya masyarakat Bali minum es kuwut ketika di terik matahari sangat menyengat.

Apalagi Bali terkenal dengan pantai-pantainya, maka nggak heran bila es kuwut menjadi favorit baik bagi masyarakat lokal maupun turis yang sedang berlibur di sana.

Selain dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga di siang hari, es kuwut juga kini menjadi minuman yang dijadikan sebagai menu takjil untuk buka puasa saat bulan Ramadan.

Pada sore hari menjelang buka puasa pasti ada banyak pedagang yang menjual takjil, salah satunya adalah es kuwut. Minum es ini ketika berbuka puasa bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian menahan haus dan dahaga.

Meskipun es kuwut terbuat dari bahan dasar kelapa muda tetapi nggak bisa disamakan dengan minuman es kelapa muda biasa. Untuk es kelapa muda hanya berisi daging kelapa dan air kelapa yang dicampur sirup atau gula merah.

Sedangkan untuk es kuwut isiannya lebih lengkap yaitu ada buah melon dan biji selasih. Air kelapanya dicampurkan dengan perasan jeruk nipis agar rasanya terasa asam namun tetap menyegarkan.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, es kuwut ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh terutama setelah berpuasa seharian. Nah, untuk membuatnya kita hanya perlu menyiapkan bahan utama dan isian lainnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Campurkan daging kelapa muda dan buah melon ke dalam air kelapa yang telah diberikan larutan gula cair. Jangan lupa tambahkan air perasan jeruk nipis agar terasa segar. Rasa asam dari es kuwut inilah yang menjadi ciri khasnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya