Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Penggunaan bumbu giling sangat dibutuhkan untuk membantu kita dalam proses pemasakan yang lebih hemat waktu dan tenaga.

Penggunaan bumbu giling terkadang sangat dibutuhkan untuk dapat menghemat waktu memasak karena semua bahan sudah diracik dan dihaluskan sebelumnya. Jadi ENDEUSiast tinggal siap pakai saja sesuai dengan kebutuhan memasak. Bumbu giling dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun swalayan. Baik yang diracik sendiri oleh pedagang maupun yang buatan pabrik.

Terdapat setidaknya 3 jenis bumbu dasar untuk masakan yaitu bumbu kuning, bumbu merah dan bumbu putih. Untuk beberapa jenis masakan seperti Semur Daging juga memiliki bumbu tersendiri. Bila ENDEUSiast berniat untuk membeli bumbu giling sebagai stok, ada baiknya mengetahui hal-hal di bawah ini agar ENDEUSiast bisa menyimpan dan menggunakan bumbu giling dengan tepat.

Memahami Fungsi Bumbu Dasar

Sebelum memutuskan untuk membeli bumbu giling, ENDEUSiast harus paham fungsi dari bumbu dasar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada 3 jenis bumbu dasar yang dipakai pada setiap masakan. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bumbu kuning menggunakan bahan kunyit sebagai pemberi warna kuning dan menghasilkan rasa gurih pada masakan. Bumbu ini biasa digunakan untuk membuat soto atau bumbu ungkep ayam goreng.

Bumbu merah menggunakan tambahan cabai sebagai penghasil warna merah serta rasa pedas pada masakan. Masakan yang menggunakan bumbu merah seperti Balado dan Nasi Goreng. Bumbu putih merupakan bumbu paling dasar yang bahannya terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, kemiri dan ketumbar. Pada masakan sayur bening atau tumisan biasanya akan menggunakan bumbu putih.

Membuat Takaran untuk Masakan

Pada saat membeli bumbu giling pastikan sebelumnya ENDEUSiast sudah mengetahui berapa takaran bumbu yang diperlukan untuk memasak. Bila ENDEUSiast membeli di pasar tradisional biasanya pedagangnya akan menanyakan takaran yang dibutuhkan dan mereka akan langsung meraciknya sesuai dengan kebutuhan memasak kita. Namun, bila ENDEUSiast membeli di swalayan maka harus pintar dalam memberi takaran sendiri. Apalagi bila menggunakan bumbu racik yang memang khusus masakan tertentu. ENDEUSiast bisa sesuaikan sendiri dengan porsi yang akan dihidangkan.

Menyimpan Sisa Bumbu di Kulkas

Bila terdapat sisa bumbu giling setelah masak, jangan dibuang. Lebih baik disimpan dengan cara dimasukkan ke dalam wadah bersih kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas agar awet. Bila bumbu giling sudah terlanjur ditumis maka sebelum disimpan disarankan untuk memberi tambahan minyak untuk mencegah bakteri yang muncul pada bumbu giling.

Itulah beberapa tips pada saat membeli bumbu giling beserta cara penyimpanannya. Semoga dapat bermanfaat, ya. ENDEUSiast tinggal pilih bumbu giling mana yang sesuai dengan kebutuhan memasakmu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.