Sayur Khas Kalimantan Tengah
Sayur Khas Kalimantan Tengah

Sayur Khas Kalimantan Tengah

Kekayaan alam Kalimantan memberi sentuhan unik dan khas dari Pulau Seribu Sungai ini

Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah subur. Banyak jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia termasuk Kalimantan Tengah. Oleh sebab itu penduduk Kalimantan Tengah berusaha memanfaatkan bagian tertentu pada tanaman untuk diolah menjadi sayuran.

1/ Kalumpe

Jika dilihat sekilas, kalumpe terlihat seperti sayur daun singkong dari Padang. Akan tetapi kalumpe berbeda dengan sayur daun singkong dari padang. Hal yang membedakannya adalah pengolahannya. Jika sayur singkong dari Padang biasanya dipotong besar-besar, kalumpe menggunakan daun singkong yang ditumbuk atau dihaluskan sebelum dicampur dengan kuah. Biasanya masyarakat kalimantan menambahkan terung pipit ke dalamnya. Kalumpe biasanya dimakan bersama lauk pauk yang lain misalnya ikan asin.

2/ Juhu Umbut Rotan

Rotan merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan untuk membuat mebel, akan tetapi di tangan masyarakat Kalimantan Tengah, rotan bisa dimasak menjadi sayuran yang disebut umbut rotan. Selain di sebut dengan umbut rotan, makanan ini juga disebut dengan uwut nang’e. Tanaman ini menggunakan bahan baku rotan bagian tunas sehingga tidak keras saat dimakan. Tekstur pada tunas rotan kenyal tidak seperti pada rotan yang sudah tua. Cara memasak makanan ini mirip dengan sayur rebung yitu sayur yang menggunakan bahan baku tunas bambu. Juhu umbut biasa disajikan bersama berbagai jenis ikan seperti ikan nila, ikan patin dan ditambah dengan sambal terasi.

3/ Juhu Kujang

Juhu kujang dibuat dari bahan dasar keladi oleh sebab itu, sayur ini sering disebut dengan sayur keladi. Oleh masyarakat Kalimantan, juhu kunjang dipercaya dapat mengobati penyakit gatal-gatal di kulit. Selain keladi terdapat bahan tambahan untuk membuat sayur ini yaitu ikan, santan kelapa, serta daun nangka muda.

4/ Tumis Kalakai

Tumis kalakai terbuat dari tanaman kalakai. Tanaman yang berjenis paku-pakuan ini banyak tumbuh subur di Kalimantan, oleh sebab itu masyarakat Kalimantan Tengah mengolahnya menjadi sayur yang lezat. Daun kalakai memiliki rasa yang gurih sehingga cocok untuk ditumis. Cara menumis sayuran ini sama seperti membuat tumis lainnya. Selain diolah dengan cara ditumis, daun kalakai juga sering dimasak sebagai sup. Kalakai dapat dengan mudah ENDEUSiast temukan di pasar tradisional Kalimantan. Harga kalakai sangat murah yaitu Rp 3.000,00/ ikat.

5/ Juhu Umbut Sawit

Salah satu tanaman yang terkenal di Kalimantan adalah kelapa sawit. Banyak lahan perkebunan yang menanam sawit di Kalimantan termasuk Kalimantan Tengah. Oleh sebab itu banyak masyarakat Kalimantan Tengah yang memanfaatkan kelapa sawit untuk diolah menjadi sayuran. Bonggol kelapa sawit sapat digunakan untuk membuat juhu umbut sawit. Sayuran ini memiliki bentuk yang menyerupai rebung yaitu berwarna putih. Akan tetapi bonggol kelapa memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan rebung. Juhu umbut sawit sering disajikan ketika ada acara-acara perayaan misalnya pernikahan.

Endeustorial

Ikuti Instagram