Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Steak daging kurang spesial tanpa saus pendampingnya yang khas. ENDEUSiast suka steak daging dengan saus yang mana?

Steak daging adalah salah satu makanan populer yang banyak digemari di berbagai negara. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan bermacam-macam saus. Saus yang disajikan untuk steak daging tersedia dalam berbagai jenis namun biasanya menggunakan saus dasar atau mother sauce.

Saus dasar untuk steak daging ini tersedia dalam berbagai jenis dan bisa dimodifikasi sesuai dengan selera. Berikut ini beberapa saus dasar yang biasanya disajikan pada steak daging .

1/ Brown Sauce

Saus steak yang paling populer adalah brown sauce atau espagnole sauce . Ciri khas brown sauce ini adalah warna yang coklat pekat dengan rasa asin, sedikit asam dan pedas. Brown sauce biasanya disajikan sebagai saus pendamping untuk makanan tradisional Inggris.

Bahan pembuatan saus ini adalah kaldu coklat (brown stock) yang ditambah dengan roux atau tepung terigu serta bumbu dan rempah-rempah. Saus ini juga termasuk saus original dari steak daging. Bila brown saus dimasak dalam waktu yang lama akan menghasilkan demiglace sauce .

2/ White Sauce

Saus putih atau white sauce adalah salah satu saus untuk steak yang tidak kalah lezat dari brown sauce. White sauce ini terbuat dari susu yang dicampur dengan roux putih, yaitu campuran antara mentega dan tepung. Rasa white sauce ini lebih creamy dibanding dengan brown sauce.

White sauce yang ditambah dengan roux kuning dan ditambah dengan kaldu bening disebut sebagai veloute sauce . Sedangkan white sauce yang menggunakan roux putih dan susu dikenal sebagai béchamel sauce .

3/ Teriyaki Sauce

Meskipun steak original menggunakan brown atau white sauce, namun kombinasi steak dengan teriyaki sauce juga tidak kalah lezat. Saus teriyaki ini adalah salah satu saus dasar untuk berbagai makanan Jepang. Saus ini terbuat dari kecap manis, cuka, arak beras, dan jahe. Rasa asin, gurih saus teriyaki sangat cocok disantap bersama steak daging setengah matang (medium well) yang lembut.

4/ Corn Sauce

Corn sauce adalah salah satu saus pendamping steak daging yang unik. Seperti namanya, corn sauce dibuat dari jagung yang ditumis dengan mentega dan kemudian ditambahkan kaldu. Setelah jagung masak, bahan sauce kemudian diblender hingga halus dan kemudian disaring. Jus jagung ini kemudian ditambahkan bahan lain seperti krim, merica, dan garam. Selain untuk steak daging, saus ini juga bisa dijadikan saus untuk burger.

5/ Black pepper Sauce

Kalau ENDEUSiast suka rasa pedas, ENDEUSiast akan suka dengan blackpepper sauce ini. Saus yang sudah ada di Eropa sejak tahun 1840 ini hampir mirip dengan brown sauce hanya saja penggunaan lada hitam lebih banyak. Rasa pedas dan hangat dari merica hitam akan menambah kelezatan dari steak daging yang disantap.

6/ Bearnaise Sauce

Bearnaise sauce adalah salah satu saus pendamping steak yang populer di Perancis. Saus steak ini berwarna kuning telur karena memang terbuat dari kuning telur, butter, dan tambahan rempah parsley atau tarragon. Orang Perancis biasanya menyebut saus ini sebagai saus romantis karena biasa disajikan untuk pasangan yang makan steak daging berdua.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.