Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sate khas Indonesia ternyata ada banyak macamnya. Nggak percaya? Coba aja liat artikel yang satu ini.

Sate adalah makanan yang ditusuk menggunakan kayu yang sudah dipotong tipis. Menggunakan bumbu yang beragam tergantung sate apa yang akan mereka buat. Yang pasti bisa bikin perut kita lapar seketika.

Bahkan waktu mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama datang ke Indonesia, ia mengatakan salah satu makanan favoritnya adalah sate setelah nasi goreng.

Beruntungnya kita yang tinggal di Indonesia. Karena bisa menemukan beragam macam sate yang endeus banget pastinya. Apa aja? Coba yuk simak artikel ini selengkapnya.

1. Sate Madura

Sate ini adalah sate yang paling umum ditemui. Dengan menggunakan daging ayam yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang untuk sate ayam. Cita rasa manis gurih dari kacang yang dicampur kecap bisa menambah nafsu makan kita.

Mau pakai nasi atau lontong, terserah mana yang kamu suka.

2. Sate Padang

Sate yang berasal dari Padang ini menggunakan lidah sapi sebagai bahan utamanya. Selain itu ada juga yang menggunakan daging atau jeroan sapi. Disajikan dengan bumbu kuah kental berwarna kuning dengan rasa sedikit pedas adalah ciri khasnya.

Nikmati dengan potongan ketupat dan keripik balado yang akan membuat pengalaman makan sate kita nggak terlupakan.

3. Sate klathak

Sate khas dari Yogyakarta ya sate klathak ini. Daging yang digunakan adalah daging kambing. Diberi nama klathak adalah suara yang timbul ketika daging dibakar di atas arang. Penggemar sate ini banyak banget loh.

4. Sate maranggi

Sate yang berasal dari Purwakarta ini memiliki cita rasa yang enak karena dibumbui dengan rempah-rempah kemudian disajikan dengan potongan tomat dan cabai. Menggunakan dua jenis daging; sapi dan kambing.

5. Sate loso

Adalah kuliner yang asalnya dari Pemalang. Konon diberi nama sate loso karena yang jual pertama kali adalah Pak Loso. Menggunakan daging kerbau atau sapi yang dimasak bacem lalu dibakar, resepnya sudah turun menurun dan disukai oleh warga Pemalang.

Penyajiannya dengan sup yang isinya tulang muda dan taoge.

6. Sate kerang

Seperti namanya, sate kerang menggunakan kerang sebagai bahan utamanya. Banyak ditemui di Surabaya dan Sidoarjo. Cara mengolahnya adalah kerang diberi bumbu kemudian direbus lalu ditusuk. Disajikan dengan lontong.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.