Masih suka melewatkan sarapan? Di artikel ini akan membahas pentingnya sarapan di pagi hari.

"

Masih banyak yang belum tau mengenai pentingnya sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Dengan berbagai alasan, mereka memaklumi tidak mengisi perut terlebih dahulu di pagi hari.

“Sekalian makan siang aja” atau “tidak sempet, buru-buru” atau “tidak bisa sarapan, nanti mules” adalah contoh beberapa alasan orang untuk melewatkan sarapan dan langsung memulai hari mereka. Padahal sarapan itu sangat penting bagi tubuh kita loh.

Ada banyak manfaat kebaikan yang bisa kita dapat ketika sarapan, karena menjadi sumber awal energi pada tubuh. Badan kita membutuhkan energi yang cukup untuk memulai kembali aktivitas. Oleh karena itu, setelah tidur malam yang panjang badan membutuhkan energi ketika bangun di pagi hari karena tidak ada asupan apapun selama kita istirahat malam.

Juga bisa mencegah naiknya berat badan. Menggabungkan sarapan dengan makan siang bukanlah hal bagus. Hal tersebut justru bisa mendorong naiknya berat badan karena makan terlalu banyak. Lain halnya ketika kita sudah terlebih dahulu mengisi perut di pagi hari. Kita bisa mengontrol banyaknya asupan yang masuk ke badan.

Sarapan juga tidak bisa asal perut kenyang. Ada baiknya juga memerhatikan asupan yang kita makan. Pilihlah menu sarapan yang penuh serat agar kadar gula bisa terus dikontrol. Kalau tidak, kehilangan kadar gula bisa membuat badan menjadi loyo.

Selain itu dikutip dari Kompas.com , juga makan makanan yang kaya akan karbohidrat bisa dipilih sebagai menu makan pagimu. Seperti misalnya roti, nasi, kentang atau sereal. Tidak lupa juga untuk konsumsi sayur dan buah untuk mineral dan vitamin. Protein seperti ayam, ikan, dan telur juga harus ada di atas piring menu sarapanmu. Atau kamu juga bisa menemukan tips sarapan mudah di artikel Endeus.

Konsentrasi juga bisa lebih mudah ketika kita sarapan di pagi hari jika dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Karena sarapan adalah bahan bakar otak kita untuk bekerja lebih baik lagi. Berbagai penelitian menunjukan bahwa sarapan membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berfikir.

Bagi yang punya penyakit maag makan pagi hari bisa mencegahnya untuk kambuh. Atau bagi yang tidak punya sakit maag bisa mencegah terkena penyakit ini. Alasannya karena lambung tidak terlalu lama kosong setelah semalaman tidak diisi. Namun ketika diisi sarapan, bisa menetralisir asam lambung.

Tau nggak kalau sarapan juga ternyata bisa membuat mood menjadi lebih baik lagi. Mudah marah atau emosi? Bisa jadi karena kamu belum sarapan. Situasi di mana keadaan perut sedang lapar, akan meningkatkan emosi sehingga bisa menjadi mudah marah.

Untuk anak Sekolah Dasar (SD) ada beberapa menu yang bisa dipilih oleh orangtua dalam menyiapkan menu sarapan si kecil. Dikutip dari Alodokter.com , berikut adalah contoh sarapan untuk anak berusia 6 - 12 tahun:

1. Roti + telur mata sapi + sayuran + susu

2. Nasi goreng + telur dadar + sayuran

3. Bubur ayam + buah

4. Lontong sayur + telur + buah

5. Nasi uduk + ayam goreng + buah

6. Mie goreng + telur + buah

Sudah tau kan gimana pentingnya sarapan? Pastikan asupan yang kamu pilih sebagai menu sarapan sudah sesuai dengan yang dibahas di atas. Jadi, tau kan pentingnya sarapan?

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.