Santap Seafood Yang Aman Konsumsi
Santap Seafood Yang Aman Konsumsi

Santap Seafood Yang Aman Konsumsi

Kurang yakin bagaimana memastikan seafood aman konsumsi? Berikut kiat yang bisa diterapkan saat memilih seafood segar

Beberapa orang takut makan seafood karena takut kemungkinan keracunan. Jika seafood salah diolah memang mempunyai resiko keracunan yang tinggi. Padahal rasa seafood yang lezat dan nutrisinya yang banyak membuat makanan yang satu ini susah untuk ditolak. Ada banyak faktor yang menyebabkan seafood terkontaminasi diantaranya adalah karena lingkungan yang kurang memadai sehingga seafood kualitasnya menurun. Namun agar tidak lagi takut keracunan setelah makan seafood, ENDEUSiast bisa mengikuti beberapa tips memeriksa seafood segar berikut ini.

1/ Perhatikan Kondisi Seafood

Langkah pertama pencegahan agar tidak keracunan seafood adalah cermat ketika membeli. Selalu teliti kondisi fisik seafood seperti kondisi mata, insang, daging, dan sebagainya. Pastikan fisik seafood masih bagus, tidak mudah hancur ketika ditekan. Selain itu, perhatikan bau pada seafood apakah ada bau busuk atau amis yang berlebih. Bila dirasa kualitas seafood kurang baik, jangan paksakan untuk membeli seafood tersebut karena bisa saja seafood sudah terkontaminasi bakteri.

2/ Simpan Seafood Dengan Tepat

Resiko kontaminasi pada seafood bisa disebabkan karena penyimpanan seafood yang salah. Meletakkan seafood pada suhu ruang dalam waktu yang lama tanpa penambahan es bisa menyebabkan seafood terkontaminasi bakteri. Lebih parahnya lagi, bakteri pada seafood mentah juga bisa berpindah ke makanan lain disekitarnya. Sehingga usahakan selalu menyimpan seafood dalam wadah tertutup di dalam lemari es.

3/ Cuci Seafood Sebelum Dimasak

Mencuci seafood memang tidak bisa menghilangkan bakteri secara keseluruhan. Namun paling tidak mencuci seafood membantu mengecek kembali kondisi seafood. Selain itu mengurangi kotoran yang nampak sebelum dimasak. Misalnya menghilangkan sisik ikan, insang ikan, tinta cumi, dan sebagainya.

4/ Masak Seafood Hingga Matang

Salah satu cara mengurangi resiko keracunan adalah dengan mengonsumsi seafood yang sudah matang. Ketika seafood matang sempurna, bakteri sudah mati sehingga resiko keracunan berkurang. Bila memang takut dengan resiko keracunan, ENDEUSiast bisa memasukkan potongan arang ketika merebus seafood. Arang dipercaya bisa membantu menetralkan racun yang ada dalam seafood.

5/ Hindari Konsumsi Seafood Mentah

Seafood mentah seperti sushi dan sashimi memang sedap, namun bila kurang telaten resiko kontaminasi dari seafood mentah ini juga sangat tinggi. Hal ini karena bakteri dalam seafood mentah masih hidup dan bisa saja menyebabkan keracunan. Selain itu, seafood mentah juga rentan kontaminasi bakteri dari makanan lain atau dari penyimpanan yang kurang baik. Bila memang ingin mengkonsumsi seafood mentah, sebaiknya pilih seafood sashimi grade dan kualitasnya terjamin. Santap dengan wasabi yang berfungsi mematikan bakteri pada irisan ikan mentah. Bila makan di restoran, pastikan juga bila restoran sudah mempunyai izin untuk menyajikan seafood mentah.

Endeustorial

Ikuti Instagram