Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman sambalnya. Masakan Sunda juga tak kalah memiliki beragam sambal populer. Yuk, simak!

Beberapa orang menganggap bahwa makanan kurang lengkap jika belum ada sambal. Bagi bangsa Indonesia, sambal sudah mendarah daging. Rasa pedas dapat membuat selera makan meningkat sehingga makanan yang dimakan bersama dengan sambal terasa lebih nikmat.

Pada saat tertentu Indonesia pernah mengalami naiknya harga cabai karena jumlah cabai yang dihasilkan para petani sedikit. Tentunya hal ini menyebabkan kegelisahan banyak orang karena bahan makanan yang wajib mereka olah menjadi sulit ditemukan. Bahkan masyarakat Indonesia lebih gelisah jika harga cabai naik daripada harga sapi naik.

Indonesia terdiri berbagai suku sehingga kaya akan budaya. Salah satunya masakan tradisional. Tidak hanya makanannya, masyarakat Sunda memiliki berbagai macam sambal yang dimasak khas Sunda. Biasanya kita hanya tahu jenis di Indonesia yaitu sambal matang, matah dan bawang saja. Berikut ini merupakan sambal masakan khas Sunda yang dapat menjadi variasi ENDEUSiast dalam membuat atau memakan sambal.

1/ Sambal Cibiuk

Sambal cibiuk merupakan sambal khas Garut. Sambal yang satu ini termasuk ke dalam golongan sambal mentah karena tidak diperlukan proses memasak dalam pembuatannya. Cara membuat sambal ini cukup campurkan berbagai bahan seperti kencur, daun kemangi, tomat hijau kecil, cabai rawit hijau dan terasi bakar lalu dihaluskan. Setelah itu tambahkan potongan tomat dan ditumbuk atau diulek kasar. Jangan lupa tambahkan daun kemangi supaya sambal harum. Sambal ini semakin enak jika dinikmati dengan nasi hangat, ikan goreng, ikan asin, ayam goreng hingga kerupuk.

2/ Sambal Oncom

Masyarakat sunda suka sekali dengan oncom oleh sebab itu terdapat berbagai masakan sunda yang berbahan dasar oncom, salah satunya adalah sambal oncom. Sambal oncom bisa juga ENDEUSiast jadikan sebagai lauk nasi karena kaya akan bumbu-bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal ini yaitu cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur dan lengkuas. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis. Setelah itu ditambah dengan oncom yang sudah dihaluskan.

3/ Sambal Dadak

Sambal dadak adalah sambal yang dibuat secara mendadak atau sambal yang dibuat ketika kita ingin memakan sambal saja. Oleh sebab itu cara membuat sambal ini praktis dan tidak ribet. Dalam membuat sambal dadak, ENDEUSiast tidak perlu menggunakan bawang putih. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, gula merah dan garam. Supaya lebih segar ENDEUSiast bisa menambahkan air perasan jeruk nipis.

4/ Sambal Kencur

Salah satu yang menjadi ciri khas masakan sunda yaitu adanya kencur pada makanan. Oleh sebab itu, masyarakat Sunda memiliki sambal kencur. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini yaitu cabai, kencur, gula, dan garam. ENDEUSiast juga bisa menambahkan kemiri, kemangi, dan tomat untuk rasa lebih segar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.