5 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia
5 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia

Salad sayur khas Indonesia yang populer dan banyak disukai.

Salad sayur tidak hanya berasal dari luar negeri. Indonesia pun punya beberapa sajian populer yang identik dengan salad sayur. Apa saja?

Sajian salad sayur ternyata juga ada versi menunya khas nusantara, lho. Jika mendengar kata salad sayur pasti yang terlintas dipikiran ENDEUSiast adalah makanan yang berasal dari luar negeri. Padahal Indonesia juga memiliki salad sayur yang sangat enak dan mungkin sudah sering ENDEUSiast makan. Berikut ini adalah salad sayur khas nusantara.

1/ Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan terkenal yang berasal dari Jakarta. Saat ini sudah banyak versi gado-gado di berbagai daerah di Indonesia. Dalam membuat gado-gado, beberapa sayuran diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, kacang panjang, dan taoge. Selain itu, gado-gado juga terdiri dari sayuran lainnya seperti wortel, timun, dan tomat; kentang rebus, telur rebus, tempe, dan tahu. Sayuran yang telah dipotong-potong lalu dilumuri oleh saus bumbu kacang. Jika ENDEUSiast menyukai rasa pedas maka saus bumbu kacang tinggal kam tambah cabai. Di Jakarta, ada tempat makan yang menjual gado-gado dengan saus kacang yang terbuat dari kacang mete.

2/ Lotek

Sampai saat masih belum ada kejelasan mengenai daerah mana yang menemukan lotek. Namun masyarakat Indonesia percaya bahwa lotek berasal dari Yogyakarta. Hampir di setiap sudut kota Yogyakarta ENDEUSiast bisa menemukan lotek. Sama seperti gado-gado, lotek merupakan kumpulan sayuran yang dilumuri saus kacang. Akan tetapi pada lotek, sayuran harus direbus terlebih dahulu. Selain itu, bumbu untuk membuat saus kacang juga sedikit berbeda. Pada lotek, saus kacang cenderung lebih manis dan asin karena ada tambahan gula jawa dan terasi. Ada beberapa versi lotek yaitu lotek dengan tambahan bakwan goreng supaya lebih renyah dan lotek dengan tambahan lontong supaya orang yang memakannya lebih kenyang.

3/ Urap

Urap merupakan makanan khas Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari beraneka ragam sayuran yang diberi parutan kelapa. Sayuran yang digunakan pada urap bukan sayuran mentah karena harus direbus terlebih dahulu. Parutan kelapa yang digunakan sebagai bumbu dikukus atau disangrai dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, dan terasi. Urap memiliki cita rasa yang cenderung pedas.

4/ Trancam

Trancam merupakan makanan tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Jika dilihat sekilas, trancam menyerupai urap. Jika urap menggunakan sayuran yang direbus terlebih dahulu, trancam menggunakan sayuran yang mentah atau tidak melalui proses merebus. Parutan kelapa yang digunakan tetap dikukus terlebih dahulu namun bumbu-bumbu lain yang digunakan mentah. Pada trancam pasti terdapat nikir namun pada urap belum tentu ada.

5/ Karedok

Karedok merupakan salad sayur yang berasal dari Jawa Barat. Karedok terdiri dari berbagai sayuran seperti kol, tauge, terong bulat hijau, kacang panjang, dan timun. Sama seperti gado-gado dan lotek, karedok dilumuri dengan saus kacang. Akan tetapi bumbu untuk membuat saus kacang sedikit berbeda karena menggunakan kacang tanah, kencur dan air limau.

Dari 5 salad sayur khas Indonesia ini, mana yang jadi favorit ENDEUSiast?

Endeustorial

Ikuti Instagram