Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Salad merupakan makanan yang terdiri dari sayuran dan buah. Ada beragam daun selada yang bisa digunakan untuk salad.

Selada merupakan sayuran yang sering digunakan untuk membuat beraneka ragam makanan. Selada memiliki harga yang murah, mudah didapat dan memiliki tekstur yang renyah. Itulah beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia gemar sekali menggunakan selada sebagai bahan untuk membuat makanan.

Bagi orang awam mungkin selada itu sama saja, padahal ada banyak jenis selada terutama selada yang digunakan untuk membuat salad.

1/ Selada Arugula

Selada arugula sering juga disebut dengan rocket atau rucola. Selada jenis ini sangat mudah dikenali karena memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding selada lainnya. Selada arugula memiliki daun yang bercabang-cabang dan daun lebih tipis jika dibandingkan selada lainnya. Selada ini memiliki sedikit rasa getir dan tekstur daun terasa kering di lidah. Selain digunakan untuk membuat salad, selada arugula sering dijadikan topping pada pizza dan canape.

2/ Selada Keriting

Selada keriting sering disebut juga lollo verde. Selada keriting adalah selada paling umum yang sering digunakan dalam membuat masakan di Indonesia. Pasti ENDEUSiast sudah kenal dengan bentuk selada ini yaitu hijau muda dan daun bergelombang atau keriting. Warnanya yang hijau muda membuat selada ini semakin segar. Selain digunakan untuk membuat salad, selada keriting sering digunakan untuk membuat burger , kebab dan sandwich. Kandungan air pada selada keriting cukup banyak sehingga mudah layu. Supaya lebih awet, selada keriting disimpan di tempat yang sejuk dan dijauhkan dari tempat yang lembab.

3/ Red Lollo Rosso

Red lollo rosso memiliki nama lain yaitu red coral lettuce. Bentuk dan tekstur red lollo rosso sebenarnya sama dengan selada keriting. Yang membedakan red lollo rosso adalah warna pada ujung daun selada. Warna ujung daun pada red lollo rosso berwarna merah keunguan. Warna daun yang unik semakin membuat salad lebih menarik dilihat. Selada yang satu ini juga sering digunakan sebagai garnish pada aneka sajian.

4/ Selada Iceberg

Selada iceberg juga dikenal dengan sebutan selada bokor. Selada iceberg memiliki bentuk yang menyerupai dengan kubis. Selada jenis ini memiliki tekstur yang renyah dan tidak meninggalkan rasa getir di lidah. Dibandingkan jenis selada yang lain, selada iceberg memiliki kandungan air yang paling sedikit sehingga paling awet disimpan.

5/ Selada Romaine

Selada romaine merupakan selada yang paling populer di Amerika untuk digunakan dalam membuat salad. Selada romaine memiliki rasa yang netral dan tidak meninggalkan sama sekali rasa pahit di lidah. Selada ini cocok dipadukan dengan beraneka macam saus dressing salad. Tekstur selada romaine yaitu renyah dan sedikit berair.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.