Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Pontianak memiliki kuliner yang beraneka ragam mulai dari nasi kebuli hingga sayur dalca. Semua disusun rapih di atas meja makan.

Masyakarat Melayu yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat memiliki tradisi makanan bersama dengan menu yang beraneka ragam. Mereka biasa menyajikan makanan yang lezat yang disusun dengan rapih di atas meja makan.

Sajiannya pun sangat beragam, terdiri dari menu utama, menu pendamping hingga minumannya. Ada beberapa menu kuliner khas Pontianak yang menarik untuk kita tau. Mari lihat daftarnya di bawah ini.

1. Nasi Kebuli

Nasi kebuli sebenarnya merupakan kuliner khas Timur Tengah. Namun di Pontianak sendiri juga sering disajikan untuk acara-acara tertentu khususnya acara keagamaan seperti buka puasa bersama hingga perayaan ketika hari besar.

Untuk membuat kuliner yang satu ini, nasi kebuli dimasak dengan susu kambing, kaldu daging kambing dan minyak kambing. Sebagai lauk pendampingnya, menggunakan daging kambing. Jadi sajian nasi kebuli ini semuanya serba menggunakan daging.

Aromanya yang harum serta dan rasa khas Timur Tengah ini didapat dari penggunaan aneka rempah-rempah. Maka dari itu, citarasa dari nasi kebuli sudah sangat identik dengan lidah masyarakat Melayu yang ada di Pontianak. Bagi kamu yang hendak mencoba membuat sendiri, bisa lihat resep nasi kebuli yang satu ini.

2. Sayur Dalca

Selain nasi kebuli, nggak ketinggalan olahan sayur yang disebut dengan sayur dalca. Bumbu kuah yang digunakan adalah santan dengan bahan isian seperti terong, kentang, kacang hijau yang ditumis hingga aneka sayuran lainnya.

Kita nggak akan bisa menemukan sajian sayur yang satu ini di rumah makan manapun. Masyarakat Pontianak hanya menyajikan sayur dalca di rumah sendiri pada acara-acara tertentu aja, bisa untuk buka puasa bersama hingga sajian menu Lebaran. Inilah yang membuat sayur dalca dianggap istimewa.

3. Pacri Nanas

Pacri nanas memang aslinya merupakan kuliner khas Melayu. Selain di Pontianak, kuliner yang satu ini juga banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia seperti Banjarmasin, Medan, Riau, Palembang hingga Aceh. Sesuai dengan namanya, pacri nanas menggunakan bahan utama nanas yang telah diberi bumbu gurih dan aneka rempah-rempah.

Pacri nanas menjadi salah satu makanan yang paling dibanggakan oleh masyarakat melayu di Pontianak. Maka nggak heran dalam acara-acara besar seperti perayaan Lebaran, pacri nanas tidak pernah absen di meja makan.

Selain perpaduan rasanya yang gurih, manis dan segar ini, pacri nanas biasa dijadikan sebagai penawar setelah makan makanan yang berlemak. Contohnya, nasi kebuli. Nantinya pacri nanas akan menjadi sajian pendamping untuk makanan tersebut.

4. Air Serbat

Beralih ke minuman, masyarakat melayu di Pontianak juga memiliki minuman tradisional khasnya yaitu air serbat. Bahan rempah yang dibutuhkan untuk membuat air serbat di antaranya adalah kayu secang, kayu manis, cengkeh dan kapulaga.

Ketika kita meminumnya, akan terasa manis dengan sensasi pedasnya. Ditambah dengan aromanya yang harum. Itu karena air serbat dibuat dari aneka rempah-rempah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya